Bisnis OnlineEntrepreneurshipInspirasiSales & Marketing

Yang Perlu Dilakukan Seorang Marketer Sejati

Share this good stuff:

Menjaga hubungan dengan klien lebih susah daripada mendapatkan. Komunikasi dengan klien sangat perlu diperhatikan oleh semua pelaku bisnis terutama jika anda bagian marketing sebuah perusahaan.
Marketing yang memperhatikan hubungan dengan client sangat dibutuhkan,agar tetap terjalin komunikasi yang baik terhadap dua belah pihak.

Bagi anda yang baru saja menjadi seorang marketing beberapa tips berikut harus diperhatikan ya :

Respon Cepat

Jadi jika klien anda menghubungi anda baik via email, telfon, sms, chat dll segera berikan tanggapan.
Jangan buat mereka menunggu. mereka ingin anda utamakan. Tapi jika ada hal mendesak misal anda sedang sibuk, paling tidak berikan jawaban singkat terlebih dahulu berikan kabar ke mereka jika anda sedang berada diruang meeting dan akan segera menghubungi dia kembali.

Tanyakan Feedback

Jika anda bekerja pada perusahaan bidang jasa,hal ini jangan sampai terlewatkan,karena feedback dari klien anda menjadi bahan untuk memperbaiki kinerja anda dan team anda kedepan dalam memberikan layanan.
Tentunya layanan yang anda berikan kepada klien juga akan lebih baik.

Bayangkan jika kita tidak mendapat feedback dari klien kita. Kerja kita akan berjalan flat! tidak ada perubahan berarti. Jangan pernah menganggap setiap masukan klien semata-mata sebuah komplain pedas,namun jadikan acuan supaya lebih baik lagi.

Berikan report

Report atau laporan untuk klien  perlu anda siapkan dan kirimkan kepada mereka,karena jika perkerjaan kita terhadap client dilakukan secara transparan, pihak klient akan senang. Mereka bisa mengetahui track record traffic mereka selama anda manage secara realistis,dengan demikian mereka bisa menyimpulkan akan terus menggunakan jasa anda dengan melihat data yang sudah anda berikan.

Follow-up

Setelah klien kita melihat hasil kerja dari team & mereka merasa puas dengan layanan yang diberikan, coba tanyakan kembali apakah mereka sudah ada rencana menggunakan jasa kita lagi? Karena terkadang klien sibuk dengan urusan mereka, jadi kemungkinan besar mereka tidak sempat untuk menghubungi kita.
Jadi kita lah yang harus aktif dalam memfolloup klien, klien yang diberikan perhatian lebih akan merasa senang.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

PENTING! Kekuatan Facebook Untuk Branding Bisnis Anda

Next post

Tips Online Marketing untuk Sukseskan Bisnis Fashion

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.