Online Marketing

Tips Membuat Konten Marketing Agar Menjadi Viral

Share this good stuff:

Konten merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjalankan suatu strategi marketing. Dan membuat konten tentu berharap akan disukai dan dilihat banyak orang. Kondisi seperti itu sering dinamakan viral.

Sebelum Anda membuat sebuah konten, lebih baik Anda mengetahui lebih dulu apakah konten yang Anda bagikan dapat menarik perhatian orang lain ataukah tidak. Apakah konten yang akan Anda bagikan akan dapat disenangi oleh publik atau tidak. Untuk membuat konten viral diperlukan beberapa tips khusus yang telah dirangkum oleh tim InternetMarketing berikut ini.

Ada beberapa cara untuk menjadikan konten marketing Anda viral, yaitu:

1. Buat Sesuatu yang Dapat Membangkitkan Gairah

Sebuah studi berjudul “What Makes Online Content Viral” dari Jonah Berger dan Katherine Milkman dari Universitas Pennsylvania menganalisis hampir 7000 artikel di New York Times. Mereka mencatat beberapa faktor yang dapat membangkitkan gairah yaitu awe (kekaguman), excitement (kegembiraan), dan amusement(hiburan). Konten yang membuat pembaca menjadi merasa kagum, gembira, dan terhibur lebih mudah dibagikan oleh pembaca sendiri daripada konten yang berisi konten menyedihkan.

2. Buat Judul dan Tagline yang Menarik

Orang mungkin akan tertarik dan membaca konten Anda dengan melihat dari judulnya. Judul yang menarik tentu akan membuat orang lain mengklik konten Anda. Aaron Haynes dari RiseDigital juga merekomendasikan untuk menulis 7-10 judul untuk setiap kontennya, menyisipkkan kata-kata yang dapat menggairahkan, menata ulang, dan kemudian menyederhanakannya.

3. Update

Tentu hal ini yang akan menjadikan konten Anda viral atau tidak, jika Anda mengunggah konten yang sudah ketinggalan zaman, orang pasti sudah banyak menemukan konten-konten yang seperti milik Anda di masa-masa lalu. BUatlah konten yang sedang menjadi trending topic dan hangat dibicarakan. Gali lebih dalam lagi informasi yang Anda peroleh dari topik-topik tersebut untuk menemukan sesuatu informasi yang unik.

4. Jadikan Website Anda Share-Friendly

Tentu saja ini akan mempengaruhi konten Anda menjadi viral atau tidak. Jadikan website Anda share-friendly, dengan begitu akan memudahkan pengunjung untuk menshare konten tersebut ke sosial media yang mereka miliki. Tapi hal ini pun juga kembali kepada topik konten yang menarik atau tidak, jika konten yang Anda buat kurang menggairahkan tentu orang lain akan malas mensharenya.

5. Tampilan Visual yang Menarik

Tampilan visual sering diabaikan ketika akan menciptakan sebuah konten, tidak hanya dengan gambar, tetapi juga dengan tipografi dan tata letak yang perlu diperhatikan. Menambahkan foto pada tweet dapat meningkatkan retweets hingga 35%, posting facebook dengan gambar memiliki tingkat interaksi 87% dibandingkan dengan link sederhana yang hanya mendapat tingkat interaksi 4%.

Lebih mudah dibaca, semakin lebih pula kemungkinan untuk dibagikan. Break-up konten Anda dengan sub-judul atau daftar, dan menghighlight poin-point dalam huruf yang lebah tebal. Anda mungkin telah melihat beberapa konten viral menggunakan font yang lebih besar untuk pengenalan mereka. Ini merupakan visual yang menarik, dan Anda bisa mencobanya. Jangan mengabaikan kemudahan dalam pembacaan dan citra, hindari foto-foto yang memiliki resolusi rendah dan teks yang berantakan.

Itulah beberapa tips untuk membuat konten Anda menjadi viral. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Akhirnya! Pokémon GO Rilis di Indonesia

Next post

5 Pelajaran Hidup dari Jack Ma, Orang Dibalik Suksesnya Alibaba