Social Media

Tips Membuat Caption Untuk Instagram yang Baik dan Benar

Share this good stuff:

Di dunia bisnis, beberapa platform sosial media yang sering digunakan untuk media promosi adalah Instagram. Posting foto melalui Instagram tentu tidaklah sulit, cukup memilih gambar yang menarik dan berkualitas tinggi. Namun ada kendala yang sering dialami oleh adalah menuliskan caption. Caption untuk Instagram merupakan bagian penting yang dapat mempengaruhi publik untuk tertarik pada jasa dan produk yang kita tawarkan.

Untuk memaksimalkan fungsi Instagram sebagai strategi digital marketing, Anda harus dapat menampilkan sebuah konten berkualitas. Konten yang dimaksud disini bukan hanya foto dengan kualitas tinggi, tapi juga sebuah kalimat caption yang mudah dipahami dan menjangkau banyak orang. Jika diantara Anda masih ada yang bingung cara membuat caption, kami akan menghadirkan sebuah pembahasan tentang bagaimana tips membuat caption yang baik dan benar menurut para ahli. Jadi silakan disimak sampai selesai ya!

1. Jangan bertele-tele. Cukup yang singkat dan jelas

Membuat caption Instagram jangan yang terlalu panjang. Hal ini karena di Instagram sudah ada gambar yang dapat menjelaskan semuanya. Dan caption yang singkat dan jelas akan menjadi pendukung yang baik di postingan instagram.
Bila Anda ingin menjual sebuah produk, buat caption yang menjelaskan produk tersebut dengan singkat saja. Bila caption yang Anda buat itu panjang, beri paragraf dan pisahkan dengan sebuah line break. Cara ini akan membuat tampilan caption yang Anda buat menjadi lebih rapi dan mudah untuk dibaca.

2. Jangan terlalu banyak hashtag

Jika Anda banyak melihat hashtag di postingan orang lain, apa pendapat Anda? Tentu terlihat tidak menarik bukan? Maka dari itu, jangan terlalu banyak menggunakan hashtag. Jangan menggunakan hashtag dengan jumlah lebih dari 15. Karena hashtag-hashtag ini akan mengalihkan pandangan seseorang untuk membaca caption yang telah Anda buat.
Bahkan seorang ahli sosial media bernama Michael Kwolek pernah mengatakan bahwa hashtag yang boleh dipakai hanya berjumlah 2, dan akan lebih baik jika Anda hanya menyertakan 1 hashtag yang paling dominan dan banyak dicari oleh masyarakat.

3. Gunakan ejaan yang benar

Membuat caption untuk Instagram juga harus baik dan benar sesuai ejaan. Jika Anda masih menulis caption tapi tidak peduli dengan penggunaan huruf kapital, ejaan yang sesuai, dan struktur paragraf, berarti kualitas caption yang Anda gunakan masih tergolong buruk. Menurut Michael Kwolek, “Jika Anda ingin seseorang membaca apa yang Anda katakan, Anda harus membuatnya mudah terbaca. Itu merupakan hal dasar, tapi sangat penting. Boleh menggunakan bahasa gaul, selama itu masih relevan dan sesuai dengan penulisan ejaan. Tetapi bila Anda sering menyingkat kata dan menggunakan ejaan yang salah, orang yang melihat pasti tidak akan memahami caption yang Anda buat dan mereka melewatkan begitu saja postingan milik Anda.

Baca juga : Cara Membuat Line Break di Instagram

4. Relevan dengan Gambar

Sebuah gambar saja tidak cukup untuk menyampaikan sebuah maksud. Anda harus mampu menyampaikan sebuah caption yang sesuai dengan gambar yang akan Anda unggah.

5. Berfokus pada Follower

Jika Anda memiliki Instagram, Anda harus memastikan bahwa konten yang Anda bagikan dapat diterima dan dipahami oleh pengikut Anda. Kualitas gambar harus bagus dan setiap caption yang Anda buat dapat mempengaruhi mereka untuk terus mengunjungi Instagram yang Anda miliki. Anda dapat pula melakukan survey dengam memposting gambar yang berbeda, dan lihatlah mana yang lebih mampu menarik pelanggan Anda lebih banyak.

Butuh pertanyaan seputar topik ini? Anda bisa menanyakan via kolom komentar internetmarketing.co.id ya. Jangan lupa untuk dibagikan sebanyak-banyaknya. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

The Power of Hashtag untuk Berbisnis

Next post

Sudahkah Website Anda User Friendly? Cari Tahu Ciri-cirinya!