Share this good stuff:

Untuk anda yang sering bermain Instagram ataupun Twitter pasti sudah tak asing lagi dengan simbol # yang sering berkeliaran di media sosial tersebut. Simbol # atau yang biasa dikenal dengan istilah hashtag ini memang dipakai banyak orang yang disertakan bersama postingan yang mereka unggah.

Lalu apa fungsi hashtag sebenarnya? Dan seberapa besar pengaruh hashtag untuk bisnis yang kita jalani? Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, ada baiknya kita simak dulu beberapa informasi yang telah dihadirkan oleh Tim IM berikut ini.

Hashtag merupakan kata kunci yang sering dipakai oleh pengguna media sosial untuk mengelompokkan setiap postingan mereka. Seperti contoh dibawah ini

Hashtag-Untuk-Bisnis

Penggunaan hashtag sendiri memiliki banyak fungsi dan tujuan diantaranya:

  • Memudahkan orang lain untuk mencari dengan kata kunci yang diinginkan.
  • Mengelompokkan postingan berdasarkan kata kunci yang terkait.
  • Untuk bisnis, hashtag juga bermanfaat untuk menggaet target market yang sesuai dengan kriteria usaha.
  • Mencari kompetitor bisnis.

Bagaimana Hashtag Bekerja?

Sebagai Informasi Bisnis (Branding)

Hashtag yang baik untuk media pemasaran adalah hashtag yang mampu menginformasikan kepada orang lain tentang produk, tentang acara, dan tentang campaign anda. Dengan hashtag juga akan memudahkan untuk berkomunikasi dengan sesama pebisnis yang memiliki bidang usaha yang sama.

Anda bisa menyertakan beberapa hashtag untuk mengelompokkan produk maupun jasa. Pastikan pula bahwa hashtag yang digunakan mengandung kata kunci yang paling banyak dicari dan beri satu hashtag yang bersifat kepemilikan.

Seperti contohnya #BisnisOnlinealaInternetMarketing. Bisnis Online ala Internet Marketing tentu berbeda dengan bisnis online ala situs lain, hashtag disini fungsinya untuk membedakan layanan anda dengan layanan milik orang lain.

Fungsi Monitoring

Di atas semua itu, anda juga bisa memantau siapa saja yang sedang membicarakan dan mengulas tentang bisnis anda dengan melacak hashtag. Dan yang lebih hebatnya lagi, anda bahkan dapat melakukan pengecekan siapa saja kompetitor yang memiliki bidang usaha yang sama, itu semua karena hashtag yang sama yang Anda dan kompetitor gunakan untuk media promosi.

Trafik Generator

Orang akan mudah menemukan foto atau postingan kita dengan hashtag yang pasang. Misal produk yang anda jual adalah susu. Anda bisa menambahkan tag #susu atau #susubayi agar menambah ekspos produk susu anda di platform medial sosial.

Malah kadang ada orang yang memasukkan tag yang tidak berhubungan sama sekali dengan isi postingan. Mungkin memang ada trafik yang masuk, ada orang yang membuka postingan kita. Namun jika tidak sesuai dengan yang orang cari, brand kita bisa dicap sebagai tukang spam. Jadi hati-hati.

Seberapa Besar Pengaruh Hashtag untuk Bisnis Kita?

hashtag

Seberapa besar pengaruh hashtag yang kita jalani untuk bisnis tergantung pula pada hashtag yang kita gunakan. Jika anda bisa memilih hashtag yang paling banyak dicari dan digunakan orang, tentu hasilnya pun juga akan memuaskan. 

Tetapi jika hashtag yang digunakan tidak banyak dicari, tentu akan sedikit membawa hasil. Maka dari itu, untuk mengetahui hashtag mana yang paling banyak cari dibutuhkan beberapa tools online sebagai alat untuk mengetahui hashtag yang baik dan banyak dicari oleh orang.

Penggunaan hashtag yang berlebihan juga tidak baik dan akun kita bisa dianggap sebagai spammer oleh platform yang digunakan. Akibat terburuknya yaitu akun kita bisa diblock oleh platform tersebut. Jika anda tidak ingin hal itu terjadi, gunakan hashtag secara bijak.

Pakailah hashtag yang memang banyak menjangkau orang-orang yang memerlukan jasa dan produk Anda. Seperti contoh, anda bisa mencari hashtag yang tepat dengan menggunakan tools online seperti Websta yang bisa digunakan secara free dan juga premium.

Tiap platform sosial media pasti memiliki aturan yang penulisan yang berbeda. Jika di Twitter maksimal 140 karakter, maka penggunaan hashtag jangan terlalu banyak. Di Instagram dan Facebook yang lebih panjang karakternya, anda bisa menambahkan hashtag yang lebih banyak. Gunakan hashtag secara bijak pada setiap postingan yang akan anda unggah.

Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Demam Pokemon: Pilih Main atau Bisnis?

Next post

Tips Membuat Caption Untuk Instagram yang Baik dan Benar