Email Marketing

Teknik Email Marketing Untuk Memikat Konsumen

Share this good stuff:

Penerapan email marketing sangat mendukung dalam memaksimalkan konversi penjualan. Pengiriman email massal guna direct selling atau penjualan langsung terbilang tidak efektif. Karena penerima email dan sistem penyaringan pembaca semakin kritis. Sehingga model pengiriman email seperti itu akan langsung masuk ke folder spam.

Agar teknik email marketing dapat berhasil memikat konsumen, berikut ini sejumlah hal yang harus Anda perhatikan.

1. Menentukan Target Penerima Email

Langkah pertama yang wajib diketahui adalah tujuan atau target penerima email marketing tersebut. Email tersebut tidak disarankan langsung untuk berjualan, apalagi kalau merupakan email pertama. Agar sesuai target, Anda harus mempunyai list building atau database koresponden.

Sebelumnya mungkin Anda pernah mengakses sebuah website dan kemudian diminta untuk melakukan pengisian formulir keanggotaan. Mungkin Anda pernah bertukar kontak, saat bertemu seseorang di acara tertentu. Mereka yang mengetahui alamat email Anda, selanjutnya dapat saja mengirimkan berbagai penawaran produk bisnisnya.

Anda juga dapat melakukan hal serupa, dengan membuat sejumlah kategori untuk penerima email. Anda dapat membaginya dalam berbagai kategori, seperti pelanggan setia, calon pelanggan yang potensial dan seseorang yang baru dikenal. Dengan membuat kategori ini, maka Anda dapat menyesuaikan isi email marketing.

2. Membuat Judul Email Yang Memikat

Seseorang mudah terpikat dengan judul sebuah email. Karena bagian ini lebih mudah terlihat dan dipampang dengan ukuran huruf yang lebih besar atau jelas. Judul adalah representasi isi dari email, jadi jangan sekadar membuat judul bombastis. Tapi tidak sesuai dengan isi email, karena akan membuat pembaca sangat kecewa. Judul sebaiknya tidak lebih dari 30 karakter. Sehingga judul harus dibuat dengan singkat, padat dan bisa memikat orang membaca keseluruhan isi email.

3. Mendesain Tampilan Email

Visualisasi bisa memberikan kesan pertama, saat mereka membuka email marketing Anda. Teks atau isi email yang terlalu panjang bisa membuat penerima malas membacanya. Sehingga akan segera meninggalkan email tersebut.

Sangat disarankan untuk menerapkan template dengan desain visualisasi menarik. Kolaborasi tulisan dan gambar yang menarik, sangat membantu memikat perhatian.

Tampilan email bisa disesuaikan dengan desain dan branding dari bisnis Anda. Kemudian penting juga untuk memperhatikan penampilannya di perangkat mobile. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang mengakses internet melalui smartphone dan tablet. Karena penampilan templete email yang kurang optimal sangat mempersulit pembaca. Biasanya mereka dituntut untuk menggunakan zooming atau scrolling.

4. Membuat Konten Yang Menciptakan Konversi

Kalau email sudah memikat perhatian pembaca, selanjutnya adalah membuat konten email yang menarik. Konten harus disesuaikan dengan target pembaca. Kalau email bentuknya newsletter harus memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat.

Anda juga dapat mengarahkan pembaca ke web, guna mendapatkan keterangan yang lebih lengkap. Dengan cara ini, maka website juga memperoleh trafik pengunjung.

Namun jika email tersebut beriisikan iklan promosi, harus menjelaskan secara singkat keunggulan dari produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan begitu pembaca mengetahui berbagai alasan penting, mengapa harus membeli produk Anda.

Perusahaan besar sering memberikan voucer khusus atau diskon untuk meningkatkan konversi penjualan dari email marketing tersebut. Untuk memperbesar konversi, sangat disarankan memberikan batasan waktu untuk mendapatkan diskon tersebut.

5. Menjalin Komunikasi Yang Konsisten

Komunikasi yang dijalin dengan konsisten membuat kesuksesan dari email marketing semakin besar. Anda dapat memanfaatkan beragam sosial media sekaligus berinteraksi dengan pembaca. Anda juga dapat mencantumkan alamat web dan sosial media di dalam signature email.

Fasilitas auto responden juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan nilai lebih. Misalnya Anda bisa mengirim ucapan selamat ulang tahun, memberikan email follow up otomatis, saat ada pelanggan yang mengunduh ebook atau file tertentu dari web Anda.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Strategi Interaksi 2 Arah Dengan Social Media

Next post

Hebat : Charging Handphone Dengan Buah!

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.