Uncategorized

Tanda-tanda Bisnis Anda Perlu Rebranding

Share this good stuff:

Rebranding adalah strategi pemasaran dengan cara membuat identitas baru (nama, visi dan misi, desain, dan lain-lain) dengan tujuan mengubah posisi brand atau citra perusahaan. Perubahan yang diciptakan bersifat radikal dan dilakukan agar bisnis Anda dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Perubahan tersebut meliputi perubahan pesan, cara baru untuk mendekati target pasar, penawaran jasa-jasa baru, perubahan terhadap sesuatu yang bisnis Anda janjikan kepada target pasar. Ada beberapa keadaan yang perlu diketahui dimana Anda disarankan melakukan rebranding.

Pertama, perubahan tren di masyarakat. Perusahaan yang memiliki umur panjang adalah perusahaan yang dapat bertahan dan beradaptasi dengan perubahan masyarakat dalam hal gaya hidup, kebudayaan, pola pikir, preferensi, dan lain-lain. Jika tidak ada perubahan pada bisnis Anda dalam beberapa periode waktu, maka pelanggan atau partisipan dapat berpindah ke produk atau jasa yang ditawarkan oleh pesaing yang mungkin telah melakukan sebuah perubahan.

Kedua, teknologi baru. Perkembangan zaman biasanya disebabkan karena adanya penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi. Bagi perusahaan yang berencana untuk memperbarui teknologi yang menjadi kebutuhan dasar atas kinerjanya, perlu melakukan rebranding dengan menciptakan sebuah identitas baru. Karena sistem kerja berpengaruh terhadap kepuasan target pasar.

Ketiga, adanya peluang pasar yang baru. Hal ini terjadi ketika dalam berbisnis Anda menemukan adanya tantangan yang dapat menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis Anda. Untuk menjangkau pasar baru, baik dalam atau luar negeri, Anda memerlukan sebuah identitas baru untuk menyesuaikan diri dengan karakteristik dan nilai kebudayaan mereka. Karena setiap perusahaan yang semakin tumbuh dan berkembang akan mengubah predikatnya mulai dari perusahaan kecil menjadi besar atau perusahaan yang belum berbadan hukum menjadi berbadan hukum.

Keempat, adanya permasalahan atau isu yang negatif terhadap brand perusahaan. Rebranding dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif dalam memperbaiki citra perusahaan. Komunikasi dengan target pasar juga harus tetap dilakukan karena komunikasi dapat menjadi efektif untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat. Jadi, adanya rebranding dan komunikasi yang positif menjadi awal permulaan untuk bisa berbaikan dengan para konsumen.

Selain tanda-tanda di atas, ada beberapa keadaan lain yang juga biasanya mendorong adanya rebranding, yaitu penggabungan perusahaan dengan perusahaan lain untuk menjadi satu perusahaan besar, pergantian manajemen atau kepemimpinan yang baru, adanya pembenahan dalam lingkungan internal perusahaan, dan lain-lain. Sementara itu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk rebranding. Banyak pemasar perusahaan yang memilih media online sebagai media untuk mempromosikan brand yang baru . Karena internet unggul dalam mengumpulkan massa yang luas dan menjangkau area geografis serta waktu yang tidak terbatas.

Seperti misalnya melalui akun social media, dimana profilnya bisa Anda perbarui, memberikan link ke akun social media yang baru, mempublikasi teaser logo yang baru, meminta pendapat publik terhadap perbaharuan perusahaan Anda. Jika Anda memiliki profil Google Business, pastikan profil tersebut telah Anda perbarui sesuai dengan rebranding yang Anda lakukan. Memasang iklan di media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah dan lain-lain mengenai rebranding yang Anda lakukan. Dan cara-cara lain jika Anda memiliki ide kreatif dan unik untuk memberitahu publik tentang brand baru Anda. Karena semakin unik cara Anda rebranding, kemungkinan besar publik dapat mengingat brand baru Anda dengan mudah.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Cara Efektif Menulis Iklan AdWords

Next post

Cara Membuat Konten Video Iklan yang Menarik

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.