Entrepreneurship

Strategi Sederhana Tapi Jitu Dalam Menjalankan Bisnis Konveksi

Share this good stuff:

Baik untuk usaha konveksi skala pabrik maupun rumahan, strategi bisnis menjadi hal yang penting. Strategi musti anda persiapkan sejak memulai bisnis. Kami coba merangkum sejumlah strategi usaha yang biasa digunakan oleh para pelaku bisnis konveksi.

Produksi di Rumah

Keterbatasan uang modal mungkin menjadi salah satu kendala untuk mendirikan pabrik konveksi. Oleh sebab itulah, kita dapat memanfaatkan rumah kita sebagai tempat produksi konveksi. Kita perlu mengatur ruangan supaya dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Salah satu dari banyak keuntungan ketika kita mengawali bisnis rumahan atau home industry ialah pajak yang kecil. Kita pun dapat memperoleh tenaga kerja dari lingkungan rumah. Sehingga eksistensi bisnis konveksi yang anda jalani membawa berkah buat semua tetangga sekitar.

Kolaborasi Dengan Bisnis Konveksi Besar

Konveksi tidak melulu memproduksi semua produknya sendiri. Kita dapat saja berkolaborasi dengan perusahaan konveksi yang lebih besar. Kita bisa menciptakan perjanjian pemesanan pakaian dengan perusahaan besar untuk ikut mengerjakan sebagian pesanan dari customer kita. Misal, kita menciptakan perjanjian dapat atau sanggup menuntaskan 200 jahitan dalam seminggu atau atau lebih banyak.

Saat produk sudah selesai diproses, maka anda akan menyetorkan hasil kegiatan kita ke konveksi besar tersebut. Namun, kita tidak boleh selalu mengandalkan pekerjaan dari perusahaan lain. Kekurangan ketika kita mengandalkan pengerjaan produk dari konveksi yang lain adalah, saat orderan sepi, maka usaha anda ikut sepi. Oleh karena inilah anda harus mengakalinya dengan menciptakan produk sendiri yang punya nilai jual tinggi.

Baca Juga : Cara Melakukan Riset Pasar

Menjadi Agen Grosir

Ketika kita sudah ahli dalam penciptaan produk jadi, kita dapat mengembangkan diversifikasi produk yang sudah kita buat. Salah satunya ialah dengan menciptakan sebuah toko retail. Jual produk anda dengan harga serendah mungkin agar bisa merambah menjadi bisnis grosiran. Semakin besar kuantitas produk yang terjual, maka makin besar pula kesempatan kita dalam menemukan orderan.

Produk yang anda jual tidak mesti produk jadi. Kita bisa juga menjual produk separuh jadi. Contohnya kaos polos. Kita bisa tawarkan ke pengusaha kaos distro yang bakal menjadi client kita nantinya.

Promosi Lewat Internet

Gunakan internet sebagai media promosi yang efektif. Anda dapat menjangkau calon pembeli melalui media sosial Facebook, Instagram atau Twitter. Selalu menggunakan bahasa yang relevan dengan customer saat menciptakan postingan di medsos.

Jangan lupa dirikan sebuah situs web sebagai portal informasi utama mengenai bisnis konveksi anda. Anggap website sebagai “rumah bisnis” kita di internet. Calon pembeli menjadi mudah melihat bagaimana wajah bisnis anda di website. Posisikan usaha anda sebagai jasa konveksi online yang dapat menerima pesanan baju dari seluruh penjuru Indonesia atau bahkan internasional.

Rambah Pasar Internasional

Punya produk yang dapat berlomba di dunia internasional adalah kebanggaan tersendiri. Kita mesti memiliki impian yang besar. Dengan promosi via website atau email, anda akan sangat berkesempatan merambah pasar internasional.

Salah satu taktik supaya kita bisa mengekspor produk ialah dengan lobi. Kita dapat melibatkan agen expor-impor supaya produk kita dapat dijual di luar negeri. Kita juga dapat menerapkan teknik konvensional dalam urusan melobi yakni dengan komunikasi online.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Inilah Alasannya Mengapa Sebuah Bisnis Harus Punya Website

Next post

This is the most recent story.