Social Media

Strategi Interaksi 2 Arah Dengan Social Media

Share this good stuff:

Pada era saat ini pengguna media social sangatlah besar. Tak dapat dipungkiri bahwa mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk berkomunikasi, membaca informasi, update status pada media social seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan situs lainnya.

Kini social media dapat menjadi alat marketing dan branding yang sangat efektif. Interaksi 2 arah yang hangat dan natural merupakan kelebihan social media dibandingkan media promosi lainnya. Meskipun strategi social media yang baik akan membutuhkan usaha dalam hal waktu dan sumber daya, namun pengelolaan yang tepat dapat mejadikan social media sebagai senjata yang sangat ampuh untuk bersaing berbagai website lainnya.

Menjadi aktif dalam social media adalah cara yang ampuh untuk membangun hubungan yang lebih intensif dengan customer Anda sekaligus mempromosikan bisnis dan layanan Anda. Dengan media ini, Anda bisa mendapatkan pengunjung secara organik.

Lalu strategi apa saja yang dapat Anda terapkan?

  • Menjalin Hubungan Dengan Target Pasar.

Pengguna internet sangatlah besar, namun jika ingin lebih sesuai dengan target bisnis , maka harus menerapkan strategi yang tepat. Hal ini berkaitan dengan lokasi, jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan dan sebagainya yang sesuai dengan produk bisnis Anda. Manfaatnya adalah lebih mendekatkan pada target pasar, sehingga promosi yang dilakukan lebih tepat sasaran.

  • Menggunakan Media Sosial Yang Tepat

Setiap media sosial memiliki karakteristik tersendiri. Anda harus selektif dalam menggunakannya, agar lebih sesuai dengan bisnis yang sedang Anda kembangkan. LinkedIn lebih cocok dimanfaatkan untuk produk bisnis B2B service. Sedangkan Pinterest, Instagram dan Facebook lebih cocok untuk mengembangkan bisnis e-commerce. Manfaatnya agar promosi bisnis bisa dilakukan lebih kreatif dan inovatif.

  • Posting Konten Berkualitas

Untuk membangun pelanggan setia, jangan hanya memposting iklan produk saja. Namun sangat penting untuk memberikan konten berkualitas yang memberikan edukasi mendalam mengenai berbagai hal berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan sebagai solusinya. Konten dapat berupa artikel yang diselingi dengan gambar dan video menarik. Manfaatnya agar konten yang disajikan lebih memikat dan melahirkan banyak pengunjung setia.

  • Siapkan Waktu Dan Tenaga Untuk Posting Konten

Sebelum menyertakan media sosial dalam bisnis online, sebaiknya tentukan dahulu apakah untuk mendukung pelayanan pelanggan atau untuk mendukung terbentuknya komunitas online. Sangat penting untuk membuat jadwal posting yang menyajikan konten berkualitas dan relevan untuk komunitas tersebut. Sebaiknya menyiapkan daftar pertanyaan sekaligus jawaban yang kemungkinan akan ditanyakan pengguna media sosial tersebut. Jika bersifat layanan pelanggan, maka harus bisa memberikan motivasi, jawaban keluhan dan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan produk bisnis. Manfaatnya menjadikan bisnis online semakin profesional dan dibutuhkan banyak konsumen.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Website Sebagai Sarana Go Online

Next post

Teknik Email Marketing Untuk Memikat Konsumen

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.