Email Marketing

Strategi Email Marketing untuk Meningkatkan Profit Penjualan

Share this good stuff:

Email merupakan bagian yang sangat penting untuk memasarkan sebuah bisnis. Dalam satu hari, ada 144 milyar email yang dikirim. Bahkan bukan hanya bisnis-bisnis besar saja yang memanfaatkan email untuk media marketing, tetapi juga bisnis baru atau startup yang ingin merangkak menjadi besar.

Menggunakan email marketing untuk bisnis dianggap memiliki kekuatan yang bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan konversi penjualan, tetapi juga bagaimana cara menjaring pelanggan untuk tetap mengikuti bisnis kita tersebut.

Agar mendapat hasil yang maksimal,ada baiknya kita mengetahui beberapa strategi email marketing yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan hasil yang lebih efektif.

1. Jalin Hubungan Kembali dengan Subscriber Yang Tidak Aktif

Ketika Anda ingin memutuskan menggunakan email marketing, tentu saja Anda dituntut untuk mengumpulkan list-list yang berisi daftar calon pelanggan Anda. Namun, dari sekian banyak list yang Anda buat, tak semuanya termasuk list aktif. Sebagian besar, hanya 20% – 40% yang termasuk ke dalam list aktif dan mengikuti semua email yang Anda kirimkan, dan sisanya merupakan list pasif.

Untuk itulah, Anda perlu memastikan apakah email yang Anda kirimkan itu mendapat respon yang baik. Anda perlu memastikan bahwa email Anda telah terkirim dan dibaca. Jika email yang Anda kirim belum dibaca, maka menghubungi subscriber yang tidak aktif merupakan jalan yang bisa ditempuh.

2. Perhatikan Konten yang Akan Dikirim

Membuat konten yang baik bukan hanya dilakukan di media sosial, tetapi juga untuk keperluan lain seperti email marketing. Bahkan melakukan promosi di email masih dianggap baik daripada promosi di sosial media.

Dengan ini, Anda perlu memperhatikan kualitas konten yang akan Anda kirimkan untuk list-list yang telah Anda buat.

3. Buat Email yang Responsive di Perangkat Mobile

 

email on mobile phone di hape

Hampir sebagian email dibuka melalui perangkat mobile. Dari semua email yang telah dikirimkan, sebagian besar dibuka melalui perangkat mobile. Oleh karena itu, buatlah sebuah email yang responsive terhadap perangkat mobile.

4. Kirim Email Pada Saat yang Tepat

Banyak yang melupakan waktu dalam mengirim email yang benar. Ini penting dilakukan karena mengirimkan email pada waktu-waktu sibuk tidak akan mendapat respon yang baik dari para audience.

Untuk itu, Anda perlu mengirim email pada saat jam-jam santai seperti weekend atau pada sore hingga malam hari. Dengan mengirimkan email pada saat-saat seperti itu, orang banyak yang sedang santai dirumah. Ketika ada notifikasi email yang masuk dari Anda, mereka akan menyempatkan untuk membukanya.

5. Judul yang To The Point

Bagian yang penting untuk diperhatikan adalah penulisan judul Email. Judul merupakan komponen yang akan menentukan apakah email Anda akan dibaca atau tidak. Judul yang Anda masukkan untuk mengirim email sebaiknya memuat kalimat yang menggiurkan dan jelas.

Itulah beberapa strategi email marketing yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Pentingnya Riset Keyword Bagi Pebisnis Online

Next post

Cermati 5 Hal Berikut Agar Bisnis Anda Cepat Meroket

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.