Iklan PPCOnline MarketingSEO

SEO atau PPC? Mana Yang Lebih Tepat Untuk Bisnis Anda?

Share this good stuff:

Bagi Anda yang memiliki situs web bisnis, apakah Anda ingin situs web Anda berada di halaman pertama dalam hasil pencarian search engine? Mana yang akan Anda pilih untuk mendongkrak posisi web situs Anda? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka dalam artikel ini akan membahas mengenai pengertian serta kelebihan dan kekurangan dari SEO dan PPC.

SEO (Search Engine Optimization)

seo seed

SEO adalah proses yang mengupayakan situs web Anda berada pada halaman pertama dalam hasil pencarian search engine ketika para pengguna internet yang menjadi target audiens Anda melakukan pencarian informasi yang berhubungan dengan konten web bisnis Anda.

Kelebihan SEO

Jika situs web Anda sudah di-SEO-kan, maka situs web Anda akan tampil berada di halaman terdepan pada hasil pencarian Google selama 24 jam seminggu secara terus menerus. Kecuali jika ada situs-situs lain yang lebih optimal SEO-nya, dapat menggeser posisi situs web Anda.

Jika Anda menggunakan SEO, maka Anda akan dengan leluasa menentukan judul dan deskripsi situs sesuai dengan keinginan dan membangun brand perusahaan, profesional, atau personal secara online dengan lebih baik.

Kekurangan SEO

Namun, SEO juga memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa hanya dalam waktu kurang dari 1 jam situs web dapat muncul di halaman pertama pencarian Google. Melainkan bisa membutuhkan waktu harian, mingguan, atau bulanan.

Saat melakukan SEO, Anda juga akan mengeluarkan biaya dan waktu, meskipun nanti hasil yang didapat bisa lebih permanen dibandingkan situs atau halaman PPC. Oleh karena sifatnya yang permanen, persaingan situs atau halaman yang masuk ke halaman pertama pencarian Google akan lebih tinggi dibandingkan PPC.

PPC (Pay Per Click)

ppc money

Sedangkan PPC, adalah cara promosi dimana Anda beriklan dengan hitungan pembayarannya dari setiap kali iklan Anda diklik. Iklan Anda akan ditampilkan dalam halaman pertama, kedua,atau ketiga hasil pencarian Google.

Kelebihan PPC

Untuk bisa langsung berada di halaman 1 atau bahkan nomor 1 dalam hasil pencarian Google, hanya dapat terjadi dalam waktu kurang dari satu jam.

Kekurangan PPC

Namun, untuk bisa berada di halaman 1 hasil pencarian Google, dibutuhkan biaya iklan dan optimasi beberapa hal terkait relevansi iklan, pengalaman pengguna, dan tingkat klik iklan. Jika anggaran iklan habis, maka situs atau halaman akan berhenti tayang dari halaman pertama hasil pencarian Google saat itu juga.

Jadi, kemunculan situs atau halaman di halaman pertama hasil pencarian Google hanya bersifat sementara, sesuai dengan ketersediaan budget atau anggaran kampanye iklan. Tidak permanen seperti SEO.

Jadi, kesimpulannya bahwa hasil pencarian SEO adalah hasil pencarian utama dan hasil pencarian PPC adalah hasil pencarian tambahan atau sementara. Jika Anda bisa mengoptimasi keduanya dengan baik, maka hal tersebut akan lebih baik dibandingkan hanya memilih salah satunya saja. Karena masing-masing saling melengkapi.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Pengaruh Fitur Pencarian Suara Terhadap SEO

Next post

Perencanaan Pemasaran Online untuk Semua Jenis Bisnis

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.