Online Marketing

Perencanaan Pemasaran Online untuk Semua Jenis Bisnis

Share this good stuff:

Bagi Anda yang baru memasuki dunia pemasaran online, tentunya mengalami kesulitan untuk mengetahui bagaimana memulai dan bagian mana yang Anda harus fokuskan. Atau Anda mungkin membaca begitu banyak konten pemasaran yang meninggalkan perasaan tidak enak karena terlalu banyak informasi yang didapat dan meragukan sikap yang mungkin akan Anda ambil. Artikel ini akan membahas perencanaan yang bisa dibuat dan diterapkan di semua jenis bisnis.

Ketika Anda membuat sebuah perencanaan pemasaran online, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan di antara tujuan, strategi, dan taktik. Setelah Anda paham, Anda akan lebih mudah dalam menyesuaikan pendekatan Anda ketika melakukan kampanye pemasaran. Anda juga dapat menilai dengan lebih baik bagaimana Anda dapat menerapkan hal-hal yang sudah Anda pelajari dari berbagai artikel yang mungkin Anda baca di waktu yang akan datang. Jadi, apa yang dimaksud dengan tujuan, strategi, dan taktik?

Tujuan adalah hasil menyeluruh yang Anda cari dan inginkan untuk dicapai. Dan tujuan merupakan hal utama yang Anda fokuskan. Strategi adalah pemikiran yang berkaitan dengan bagaimana Anda mencapai tujuan tersebut. Dan taktik, adalah serangkaian aksi atau tindakan yang spesifik yang akan Anda ambil dalam rangka pencapaian strategi. Jangan pernah merubah tujuan dan strategi, melainkan Anda bisa mengubah serangkaian tindakan atau sikap yang Anda ingin lakukan untuk mencapai tujuan dan strategi Anda. Ketika Anda berada pada tahapan ini, tahap yang selanjutnya akan memudahkan Anda untuk memutuskan anggaran yang akan dikeluarkan.

Setelah Anda membuat daftar tujuan, strategi, dan taktik, langkah selanjutnya adalah pelajari siapa target pasar Anda. Jika Anda bisa memahami target pasar yang tepat, Anda dapat menyesuaikan taktik Anda yang nantinya akan memberikan kemungkinan hasil yang terbaik. Untuk memahami siapa target audience Anda, jawablah pertanyaan seputar apa peran mereka dalam keluarga, demografis (umur, gender, pendapatan, tempat tinggal, dan pendidikan), apa yang disukai dan tidak disukai, pesan pemasaran apa yang sesuai, dan dimana tempat mereka bekerja.

Jika target pasar telah diketahui, pilih satu saluran pemasaran. Saluran pemasaran adalah serangkaian kegiatan yang diperlukan untuk mengirimkan kepemilikan barang dari titik produksi ke titik konsumsi. Dengan kata lain, saluran pemasaran merupakan cara agar produk atau jasa Anda dapat sampai ke pengguna akhir atau konsumen. Saluran pemasaran disebut juga dengan saluran distribusi. Untuk saluran pemasaran online Anda bisa menggunakan media sosial, SEO, PPC atau yang lainnya.

Anda juga bisa mempelajari saluran pemasaran yang dipilih oleh pesaing bisnis Anda. Bukan berarti bahwa dengan meniru apapun yang dilakukan pesaing Anda. Melainkan Anda belajar dari pesaing bisnis yang lebih dulu ada sebelum bisnis Anda. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, identifikasi saluran pemasaran pesaing dan cobalah membuatnya lebih baik untuk bisnis Anda.

Dan yang terakhir adalah menggabungkan semuanya. Setelah Anda menentukan tujuan, strategi, target pasar, dan saluran pemasaran, langkah selanjutnya adalah menggabungkan semuanya untuk menentukan bagaimana cara Anda mendapatkan profit dari perencanaan tersebut. Salah satu cara yang terbaik adalah dengan melaksanakan kesemua langkah itu dan menciptakan sebuah konversi.

Pada dasarnya yang Anda akan lakukan adalah membuat publik aware terhadap brand bisnis Anda, membangun kepercayaan dan otoritas mereka, dan membuat penawaran. Untuk membuat publik aware, gunakan saluran pemasaran yang telah dibahas sebelumnya. Dan untuk membuat publik percaya dan memiliki otoritas melalui konten, pemberian respon, panggilan telpon, dan lain sebagainya. Maka untuk selanjutnya, Anda bisa melakukan promosi dengan mengacu pada perencanaan pemasaran online yang telah Anda buat.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

SEO atau PPC? Mana Yang Lebih Tepat Untuk Bisnis Anda?

Next post

6 Kebiasaan yang Mengubah Mimpi Menjadi Kenyataan

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.