Bisnis OnlineOnline MarketingRiset

Pentingnya Riset Keyword Bagi Pebisnis Online

Share this good stuff:

Riset keyword merupakan hal yang penting dilakukan oleh para internet marketer. Ketika seseorang merasa lelah untuk membuat konten, padahal traffic web yang dikelola belum terlalu ramai, riset keywordlah yang akan membantu Anda untuk keluar dari permasalahan tersebut.

Sebelum membangun sebuah website, ada baiknya untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu. Jika Anda sudah membuat website tapi tak memahami keyword apa yang cocok untuk website Anda, maka Anda akan memasukkan sembarang keyword yang tak banyak dicari oleh orang lain. Maka dari itu, sebelum membangun website, ada baiknya untuk mengetahui pentingnya melakukan riset keyword.

Apa Itu Riset Keyword?

Riset memiliki arti mencari atau menemukan. Sedangkan keyword atau kata kunci merupakan kata-kata yang dicari oleh orang ketika mengunjungi search engine. Bila digabungkan, maka riset keyword adalah aktivitas untuk mencari dan menemukan kata-kata yang dicari oleh orang ketika mengunjungi search engine. Dan kata-kata yang paling banyak dicari itulah yang nantinya menjadi hasil riset dan digunakan untuk website Anda.

Tujuan Meriset Keyword

Melakukan riset keyword merupakan suatu keharusan dalam membangun website. Apalagi jika website tersebut digunakan untuk berbisnis, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan pelanggan yang lebih tertarget. Selain itu, ada beberapa tujuan mengapa Anda harus melakukan riset keyword, yaitu:

1. Menentukan Produk Apa yang Banyak Dicari

Tujuan riset keyword dalam berbisnis adalah untuk mencari produk apa saja yang banyak dicari oleh masyarakat. Jika Anda akan memasarkan produk, namun produk Anda tidak banyak dicari secara online, lalu apa akan menguntungkan? Riset keyword disini hampir mirip dengan survey pasar. Jadi, sebelum kita memulai bisnis, kenali dulu bisnis apa yang akan menguntungkan.

2. Untuk Mendapatkan Ide Baru

Menciptakan sebuah inovasi dan kreasi baru dalam bisnis sangat penting dilakukan. Karena orang tak selamanya senang dengan produk pertama Anda. Melakukan riset keyword juga berguna untuk menemukan sebuah gagasan baru atau bisnis baru yang tak pernah muncul di pikiran. Google kerap kali memberikan informasi tentang keyword yang masih relevan dengan keyword yang Anda riset.

Bisa jadi keuntungan Anda akan lebih melesat setelah mengetahui ide apa yang cocok untuk bisnis Anda selanjutnya.

3. Meningkatkan Kualitas SEO

Dalam SEO, sebuah keyword yang baik merupakan komponen yang penting. Anda perlu menentukan keyword yang tepat untuk bisnis Anda. Dengan begitu, website Anda nantinya akan mudah dioptimasi dan mendapatkan pelanggan yang lebih tertarget. Selain itu, jika Anda menggunakan keyword yang banyak dicari, website Anda akan terdongkrak dan bisa menduduki peringkat 1 di search engine. Yang perlu diingat adalah, jangan melakukan SEO kalau belum menemukan keyword yang tepat. Karena semua akan sia-sia dan menguras tenaga.

4. Untuk Mengetahui Tingkat Persaingan di Google

Dengan melakukan riset keyword, Anda juga bisa mengetahui persaingan di iklan Google. Semakin banyak yang memasang iklan, maka harga per klik jadi lebih tinggi sehingga Anda akan mengeluarkan biaya iklan yang lebih besar pula. Dengan begitu, Anda akan bisa menentukan berapa biaya yang dibutuhkan untuk pasang iklan.

Itulah beberapa informasi mengenai pentingnya riset keyword bagi para pebisnis online. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

4 Kesalahan Pengelolaan Keuangan Yang Wajib Dihindari di Usia 20-an

Next post

Strategi Email Marketing untuk Meningkatkan Profit Penjualan

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.