SEO

Pengaruh Fitur Pencarian Suara Terhadap SEO

Share this good stuff:

Salah satu tren yang sangat berpengaruh terhadap masa depan SEO adalah pencarian google dengan menggunakan suara. Fitur ini sangat membantu pengguna internet yang ingin mencari informasi melalui pencarian Google tanpa harus mengetik. Google akan merekam suara Anda dan audio lainnya pada beberapa detik setelah Anda men-tap ikon mikrofon pada kolom pencarian dan mengucapkan perintah “Ok Google”. Pengguna Google akan merasakan komunikasi dua-arah yang membuatnya lebih personal dan secara real-time dapat membantu pengguna mendapatkan informasi yang diinginkan. Namun, apakah SEO siap dengan fitur pencarian baru ini?

Algoritma merupakan hal yang mendasar dari sebuah mesin pencari. Algoritma adalah sebuah rancangan prosedur perhitungan yang dilakukan langkah demi langkah untuk otomisasi suatu proses. Di dalam sistem Google ada beberapa algoritma yang dipasang untuk mengolah data setiap halaman web. Ada yang memproses link, onpage, konten, popularitas, dan lain sebagainya. Algoritma inilah yang nanti akan memberikan peringkat kepada setiap halaman menurut kueri yang dimasukkan pencari. Saat ini algoritma yang dikenal antara lain caffeine, algoritma MED, Panda, Penguin, dan masih banyak lagi.

Salah satu update algoritma yang dilakukan Google adalah Google Hummingbird. Update algoritma tersebut membawa perubahan pada pengolahan data secara semantik. Algoritma ini tidak hanya mengolah kata demi kata, tetapi berusaha memahami keinginan pengguna internet dari seluruh kata yang dimasukkan. Tujuan Google Hummingbird adalah agar halaman yang cocok berarti lebih baik daripada halaman yang cocok hanya beberapa kata. Algoritma Hummingbird mulai digunakan Google pada 30 Agustus 2013.

Jadi, apakah dengan adanya logaritma Hummingbird menyebabkan penurunan jumlah pengunjung pada website Anda? Apakah ini tanda-tanda SEO tidak akan digunakan lagi? Tidak, SEO belum mati. Hanya saja Anda perlu memperhatikan apa yang perlu disesuaikan. Pada kenyataannya tidak ada yang berubah dengan prinsip-prinsip SEO dan belum ada petunjuk resmi yang dikeluarkan oleh Google mengenai cara optimasi website agar menjadi mesin pencari yang ramah. Dan inti permasalahannya masih sama, Google menginginkan Anda membuat konten yang berkualitas. Google Hummingbird hanya memungkinkan Google untuk memproses pencarian dengan cara-cara baru dan berharap menjadi lebih baik.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Cara Membuat Konten Video Iklan yang Menarik

Next post

SEO atau PPC? Mana Yang Lebih Tepat Untuk Bisnis Anda?

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.