Teknologi

Mengenal Awal Lahirnya Aplikasi Android

Share this good stuff:

Kita bahas mulai dari pengertian Aplikasi. Menurut Wikipedia, Aplikasi merupakan suatu sub kelas perangkat lunak yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengunna. Jadi dengan terciptanya suatu aplikasi, Anda akan dimudahkan dalam mengerjakan tugas dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan beragam kemampuan komputer.

Lalu apa itu Android? Android ialah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sistem operasi Android ini biasa beroperasi pada smartphone.

Sistem operasi yang bersifat open source ini dikembangkan oleh Android, Inc bersama dengan Google, yang kemudian didirikan perusahaan bernama Open Handset Alliance. Perusahaan ini beroperasi pada bidang konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.

Aplikasi Android merupakan suatu program perangkat lunak yang digunakan orang untuk melakukan suatu aktivitas pada sistem operasi Android. Aplikasi Android itu sendiri telah terdiri dari banyak macam serta tujuan. Contoh utama dari perangkat lunak aplikasi antara lain seperti pengolah kata, lembar kerja, serta pemutar media.

Android telah mendukung penggunanya untuk memasang aplikasi dari pihak ketiga yang dapat diperoleh melalui Google Play Store, Amazon AppStore, ataupun dengan cara mendownload dan memasang APK dari situs pihak ketiga.

app store google play
sumber: Appfigures

Dilihat dari banyaknya jumlah aplikasi, pada tahun 2014 Google Play Store berhasil menyalip iOS. Sedangkan Amazon berada jauh di bawah para pesaingnya. Dapat disimpulkan bahwa Google Play Store menyediakan aplikasi yang lebih komplit dari para kompetitornya.

Dilihat pula dari banyaknya jumlah pengembang aplikasi, lagi – lagi Google Play Store menjadi juaranya. Pada hal ini, dapat dilihat Google Play Store memiliki user aktif yang lebih banyak sehingga memicu para pengembang aplikasi di Android (Android Developer) menanamkan hobi atau karirnya disini. Jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi Android sangatlah pesat, terutama di Negara Indonesia.

Namun di sisi lain, banyak pengembang juga merencanakan untuk menyediakan aplikasi-aplikasinya ada pada iOS maupun sistem operasi sejenis lainnya. Banyaknya aplikasi sejenis yang tersedia di Google Play Store membuat para android user merasakan kenyamanan dalam memilih aplikasi dari beragam developer.

Misalnya seperti Anda menginginkan game teka-teki, pada Google Play Store menyediakan aplikasi tersebut dari berbagai developer. Sehingga Anda dapat memilih mana game teka-teki yang sesuai dengan keinginan Anda.

Anda dapat memberikan rating pada aplikasi tersebut. Pemberian rating berupa jumlah bintang pada kisaran 1 sampai 5. Apabila ada yang ingin Anda sampaikan kepada pengembang aplikasi, Anda dapat menyampaikannya melalui komentar atau menghubungi email yang tersedia.

Tidak hanya hiburan dari games, beberapa aplikasi android sekarang menjadi bagian dari produktifitas kerja kaum milenial. Apa app android favorit mu?

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Berapa Budget Yang Dibutuhkan Untuk Menjalankan Campaign Digital Marketing

Next post

Tips: Cara Menambah Line Break di Caption Instagram