Financial

MENGELOLA KEUANGAN BISNIS

Share this good stuff:

Menurut pendapat saya, dalam dunia bisnis mengelola keuangan bukanlah sebuah kewajiban melainkan sebuah kebutuhan. Dimana hal ini menunjukkan bahwa mengelola keuangan adalah hal yang harus terpenuhi demi kelangsungan sebuah bisnis, bahkan sekecil apapun bisnis yang sedang Anda jalankan.

Namun banyak dari pebisnis pemula yang kurang memperhatikan hal tersebut, Sehingga yang terjadi adalah sulitnya mendapatkan penambahan modal dari keuntungan usaha yang telah dikelola. Dan dampak terburuknya pebisnis bisa mengalami kebangkrutan akibat tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik. Nah, bagi Anda pebisnis pemula simak tips berikut :

  • Pisahkan Keuangan Usaha dengan keuangan pribadi

Masih banyak dari pebisnis pemula yang disadari atau tidak, menggabungkan kuangan bisnis dan keuangan pribadinya. Hal ini cenderung membuat pebisnis menggunakan uang usaha untuk membeli kebutuhan pribadi maupun sebaliknya. Meskipun bisnis ini sepenuhnya adalah milik Anda, namun pemisahan keuangan ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memonitoring dan mengontrol pendapatan ataupun pengeluaran dalam bisnis Anda.

  • Menentukan Porsi Keuangan

Setelah Anda melakukan pemisahan keuangan usaha dan pribadi Anda, Anda harus memiliki komitmen untuk menentukan porsi uang yang akan Anda anggarkan sesuai kebutuhan setiap kebutuhan. Misalnya, berapa jumlah uang yang akan Anda anggarkan untuk pembayaran gaji, biaya operasional usaha, dan sebagainya. Dalam hal ini Anda bisa mulai membuat rencana anggaran untuk mengontrol pengeluaran.

  • Disiplin

Disiplin adalah wujud dari konsistensi yang menunjukkan seberapa serius Anda melakukan sesuatu. Dalam hal ini mengelola keuangan. Dengan mengelola keuangan secara disiplin, diharapkan dapat memudahkan Anda melakukan kontroling keuangan dan membantu dalam proses kemajuan bisnis yang Anda jalankan.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Cari Duit Memang Susah !

Next post

Strategi mudah mendapatkan pelanggan online lebih banyak

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.