Online Marketing

Memenangkan Hati Customer dengan Zero Moment of Truth (ZMOT)

Share this good stuff:

Beberapa dari anda pasti pernah mendengar tentang SEO. Ya, SEO (Search Engine Optimazation) merupakan sebuah metode yang digunakan pemilik website agar dapat eksis di search engine dengan beberapa cara. Salah satu cara untuk meningkatkan peringkat website adalah dengan ZMOT.

Teknik yang diterapkan dalam meningkatkan peringkat website ini diharapkan dapat memenangkan customer dengan zero moment of truth (ZMOT). ZMOT ini juga memengaruhi seberapa besar kata kunci yang diusahakan dalam SEO terhadap ranking sebuah website.

Konsumen merupakan sebuah raja yang diutamakan dalam sebuah perusahaan, oleh karena itulah anda sebaiknya menaklukkan hati konsumen saat mereka membuka situs anda.

Apa itu Zero Moment of Truth (ZMOT)?

Sebagian besar dari anda mungkin belum begitu familiar dengan kata-kata ZMOT. ZMOT adalah suatu hal yang baru di bidang teknologi internet dan juga sosial media. ZMOT ini digunakan konsumen lain untuk memberi suatu ulasan atau review terhadap barang atau jasa yang konsumen lainnya lagi butuhkan.

Kerja dari ZMOT ini seperti testimoni yang diberikan konsumen yang sudah mencoba produk atau jasa suatu perusahaan. Testimoni ini selanjutnya akan digunakan konsumen yang ingin mencoba sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan pemakaian. Oleh karena itu, zero moment of truth ini dinilai cukup membantu sebuah website perusahaan dalam memenangkan customer.

Baca juga : Trik Viral Marketing Yang Terbukti Berhasil

Di era digital ini, internet memang menjadi hal yang sangat eksis di kalangan masyarakat. Internet menjadi semakin berkembang karena kegunaannya terhadap perkembangan teknologi informasi maupun komunikasi. Bagi dunia bisnis online maupun offline, internet menjadi bagian penting untuk membantu pemasaran perusahaan.

Biasanya perusahaan akan membuat website untuk promosi terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Salah satu teknik untuk mengambil hati konsumen adalah dengan dengan strategi zmot. Bagaimanakah kerja dari zero moment of truth?

Proses Memenangkan Customer dengan ZMOT

Sebelum era digital berkembang, proses pengambilan keputusan atau pembelian konsumen terhadap suatu produk hanya berdasarkan stimulus, first moment of truth, dan second moment moment of truth.

Stimulus ini merupakan suatu proses dimana konsumen mendapatkan informasi mengenai sebuah produk atau layanan.

Proses mengambil keputusan membeli
Proses mengambil keputusan membeli

Kemudian masuk ke tahap first moment of truth adalah keadaan dimana konsumen memutuskan untuk melihat langsung produk atau jasa ke tokonya.

Terakhir adalah proses second moment of truth adalah proses ketika konsumen menggunakan produk atau jasa dan merasa puas.

Akan tetapi, kondisi ini berbeda setelah ada digital market seperti internet dan metode untuk memenangkan customer dengan zmot. Perbedaannya terletak pada keadaan stimulus yang tidak langsung ke tahap first moment of truth, melainkan konsumen memasuki tahap zero moment of truth terlebih dahulu.

Keputusan membeli yang dipengaruhi oleh ZMOT
Keputusan membeli yang dipengaruhi oleh ZMOT

Pada keadaan ini, konsumen akan mencari tahu dahulu produk atau jasa tersebut dari internet. Anda dapat memenangkan hati calon pembeli saat ZMOT. Bahkan pada proses ini mereka sama sekali belum melakukan pertimbangan untuk membeli produk Anda.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ZMOT ini bekerja seperti testimonial. Para pengguna produk atau jasa akan memberikan ulasan pengalaman mereka setelah memakai produk atau jasa tersebut. Kemudian, ulasan ini akan dilihat oleh calon pengguna sebagai bahan pertimbangan hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk.

Faktanya adalah strategi ZMOT ini dapat digunakan oleh perusahaan, pemilik website, dan juga pebisnis online untuk memenangkan customer dengan zero moment of truth (ZMOT).

Bagaimana? Hal ini sangat membantu bagi anda untuk memenangkan customer dengan zero moment of truth (ZMOT). Oleh karena itu, penting bagi anda untuk meningkatkan website anda atau platform marketing lain agar dapat menaklukkan hati pembeli.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Strategi Menambah Follower Instagram Untuk Bisnis

Next post

Tips Agar Email Tidak Masuk Spam Yang Wajib Anda Ketahui