Bisnis OnlineOnline MarketingSocial Media

Memanfaatkan Facebook Untuk Berbisnis? Begini Caranya

Share this good stuff:

Pernahkah Anda membuka Facebook lalu Anda melihat teman-teman Anda sedang sibuknya mempromosikan usaha mereka? Promosi dari teman-teman Anda akan muncul pada news feed Anda. Nah bisa dibilang teman-teman Anda tersebut sedang memanfaatkan peluang yang ada di Facebook.

Jika teman-teman Anda saja sudah bisa memanfaatkan Facebook untuk berbisnis, kenapa sekarang Anda tidak melakukan hal yang sama? Bisa jadi, bisnis Anda akan lebih berkembang dan juga maju dari teman-teman Anda tersebut. Pengguna Facebook yang sangat banyak dapat menjangkau berbagai kalangan yang sesuai dengan target dan potensi bisnis Anda.

Diluar sana, mungkin Anda sering mendengar bahwa berjualan online di Facebook harus memakai fitur beriklan di facebook yang bernama Facebook Ads. Padahal jika Anda seorang pemula dalam berbisnis, menggunakan Facebook Ads dirasa masih terlalu dini. Yang terpenting adalah bagaimana cara Anda menggait audience untuk menjadi konsumen Anda. Dan cara gratisan juga bisa digunakan sebelum menggunakan cara yang berbayar seperti Facebook ads.

Di postingan kali ini, tim Internet Marketing akan berbagi bagaimana cara memanfaatkan Facebook untuk berbisnis secara gratis. Silakan disimak.

1. Lakukan Riset Target Market

Wajib hukumnya bagi para pebisnis untuk melakukan riset target market. Tujuan dari riset target ini adalah agar Anda mengetahui siapa-siapa saja yang membutuhkan jasa dan produk Anda nantinya. Memasarkan bisnis tanpa mengetahui target market, akan menyulitkan Anda dalam mendapatkan pelanggan yang relevan.

2. Membuat Akun Facebook Khusus Bisnis dan Tertarget

Setelah mengetahui siapa saja yang menjadi target market Anda, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat akun Facebook khusus untuk berbisnis.

Jika Anda memiliki bisnis, penting untuk membuat akun Facebook khusus untuk bisnis Anda. Dengan begitu, semua info-info dan foto produk akan lebih mudah ditemukan. Selain itu, carilah teman dari golongan yang sangat membutuhkan pelayanan Anda. Mereka yang membutuhkan akan lebih tertarik untuk melihat halaman Facebook Anda.

3. Bangun Interaksi dengan Audience

Sosial media tempatnya untuk berkomunikasi jarak jauh. Orang yang tak saling kenal pun bisa dekat dengan sosial media. Inilah yang perlu Anda manfaatkan dalam berbisnis melalui Facebook. Anda perlu membangun interaksi dan kedekatan dengan para konsumen Anda. Anda perlu membalas setiap komentar yang masuk, share, dan juga like.

Perlakukan tiap visitor layaknya teman. Dengan begitu, mereka tak pernah bosan untuk mengunjungi Facebook Anda. Dan Facebook Anda pun akan dikenal lebih banyak orang.

Itulah beberapa cara memanfaatkan Facebook untuk berbisnis secara gratis. Cukup mudah bukan? Sebelum menggunakan yang berbayar, bereksperimenlah untuk mencoba yang gratis. Jika dengan cara gratisan sudah bagus hasilnya, Anda tinggal melanjutkan untuk mengembangkannya menjadi suatu bisnis yang besar dengan cara yang berbayar. Selamat mencoba.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Tips Hemat Ala Bos Facebook, Mark Zuckerberg

Next post

Google Serius Perkenalkan Google Cloud Platform

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.