Bisnis Online

Keuntungan Memiliki Toko Online Dibandingkan Toko Offline

Share this good stuff:

Bisnis sebuah hal yang menjadi impian banyak orang. Dengan berbisnis kita akan menjadi bos dari diri kita sendiri. tapi berbisnis pun tidak semudah yang diberikan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Dengan perkembangan teknologi, juga mempengaruhi pada jenis bisnis.

Dulu untuk membuka bisnis, anda harus memiliki sebuah toko dan barang. Orang-orang pun harus mengunjungi toko anda langsung. Tapi sekarang, tanpa memiliki toko pun anda sudah bisa membuka sebuah bisnis dan pembelinya bisa dari seluruh dunia.

Toko online dan toko offline menjadi sebuah persaingan di era digital seperti saat ini. sebenarnya keuntungan punya toko online memang lebih banyak dibandingkan toko offline. Untuk lebih jelasnya kita bahas perbandingannya dibawah ini.

Tempat Jualannya

toko_online

Hal inilah yang paling membedakan antara toko online dan toko offline. Untuk toko online tentunya anda tak perlu sewa tempat. Walaupun anda di rumah saja, sudah bisa membuka bisnis online. Anda hanya perlu gadget, jaringan internet dan platform untuk jualan. Maka sudah bisa langsung membuka bisnis online. Platformnya, bisa memakai BBM, Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya.

Sedangkan toko offline, anda harus memiliki toko atau sewa tempat untuk jualan. Berarti modal yang anda butuhkan pun semakin banyak. inilah yang menjadi keuntungan dari toko online, modal sedikit dan tak perlu memiliki toko untuk jualan.

Jangkauan Pasar (Market Reach)

market reach

Keuntungan memiliki toko online adalah jaringan pasar yang lebih luas. Anda bisa menjangkau sampai seluruh dunia. Sedangkan toko offline hanya di tempat tertentu saja. Mungkin hanya di sekitar tempat tinggal anda saja. Dengan membuka toko online, anda bisa mendapat pelanggan dari Amerika atau Eropa. Apalagi hampir semua negara di dunia ini sudah memiliki jaringan internet.

Untuk toko offline, mungkin hanya di hari tertentu saja anda bisa mendapatkan pelanggan dari daerah lain. Tapi untuk keseharian mungkin hanya dari orang terdekat saja.

Baca juga: Inilah Kesalahan Pebisnis Pemula

Kepraktisan

transfer uang

Dibandingkan dengan toko offline, toko online memang lebih praktis. Anda hanya perlu membuat sebuah website lalu memasang barang yang akan anda jual. Sedangkan toko offline, anda harus menata toko dengan sebaik mungkin. Sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli.

Selain itu untuk proses transaksinya juga lebih mudah. anda hanya perlu menunggu transferan uang dan mengirimnya. Tak perlu memberikan uang kembalian atau masalah transaksi yang ribet lainnya. anda pun tak perlu menata barang dagangan dengan baik. karena semua orang hanya melihat di sosial media yang anda gunakan saja.

Resiko Berjualan

drop-shipping

Setiap jualan pasti ada resikonya. Entah itu jualan online maupun offline. Tapi untuk jualan online resikonya lebih sedikit dibandingkan offline. Apalagi di jualan online anda bisa memakai sistem dropship. Jadi anda tak perlu stok barang. Hanya perlu memasang foto dan nanti kalau ada orang yang beli. Pihak suplier yang akan mengirim barang ke konsumen atas nama Anda. jadi tak perlu takut barang numpuk banyak dan tidak terjual.

Sedangkan toko offline otomatis anda harus stok barang yang banyak. sehingga akan banyak orang yang datang ke toko anda. resiko barang tidak laku akan semakin besar. Apalagi jika Anda jualan makanan, harus bisa menjualnya dengan baik.

Jenis kedua bisnis ini memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal disesuaikan dengan modal yang anda miliki. Banyak orang yang melakukan keduanya. Memiliki toko offline tapi juga memasarkannya secara online. Sehingga keuntungan yang didapatkan semakin besar.

Kelebihan toko online memang lebih banyak dibandingkan toko offline. Oleh karena itu banyak orang yang beralih ke bisnis online. Plarform yang digunakan juga semakin bermacam.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Kenapa Iklan AdSense Tidak Muncul Di Blog Saya?

Next post

10 Selebgram Wanita Paling Populer di Indonesia 2017