Bisnis OnlineOnline MarketingSales & MarketingSocial Media

Hati-hati! 10 Kesalahan Instagram Marketing yang Harus Dihindari

Share this good stuff:

Jika bisnis Anda belum menggunakan instagram, maka bisnis yang Anda jalani terasa belum lengkap. Instagram yang sampai saat ini merupakan sosial media dan platform untuk berbagi foto nyatanya telah menyedot hingga 400 juta pengguna. Jika Anda jago memotret, instagram sangat cocok untuk mendongkrak bisnis yang Anda jalani dengan berbagai foto yang menarik. Kuncinya adalah menghindari setiap kesalahan yang akan membuat follower Anda tidak merespon apa yang Anda posting, seperti overselling produk dan memposting gambar yang berkualitas buruk.

[Baca juga: 4 Penyebab Bisnis Online Sulit Berkembang Di Dunia Marketing]

Nah lalu bagaimana Anda bisa menggunakan instagram untuk memperkenalkan produk Anda? Seorang ahli Sosial Media menceritakan tentang Business News Daily dimana Anda harus menghindari setiap kesalahan bisnis. Dan kesalahan bisnis instagram yang mereka sebutkan ada 10 jenis, yaitu:

1. Jangan Posting Foto Asli
Kesalahan terbesar dalam sebuah bisnis adalah langsung memposting foto asli. Padahal menambahkan quotes dan kata-kata pada gambar akan lebih memikat tampilan gambar yang akan diposting. Tetapi yang perlu diingat adalah jangan coba-coba mengambil atau mencuri foto orang lain yang Anda anggap menarik. Setidaknya bila Anda mengambil foto dari orang lain, sertakan pula sumbernya, dan beri sentuhan kata-kata atau gambar yang Anda buat sendiri.

2. Jangan Posting Foto yang Membosankan
Foto produk dengan latar belakang putih tidak cocok untuk digunakan di Instagram. Warna-warni yang cerah dan gaya yang unik akan menambah kesan menawan pada postingan Anda sehingga orang lain akan ikut tertarik dengan produk dan jasa Anda.

3. Jangan Lupa untuk Berinteraksi dengan Orang Lain
Anda pasti mengharapkan sebuah postingan pasti akan mendapat respon timbal balik dari follower Anda. Maka dari itu, Anda juga harus membangun sebuah kepercayaaan dan interaksi pada pengguna instagram lainnya. Anda harus dapat meyakinkan bahwa bisnis Anda ini memang benar nyata sehingga akan mendapat respon yang baik dari pengunjung lainnya.

4. Jangan posting tanpa strategi
Foto produk yang Anda posting ke instagram tetapi tanpa pemikiran dan strategi, mengakibatkan Anda akan kehilangan kesempatan yang besar untuk melibatkan audiens seperti mereka. Anda harus bisa menampilkan feed instagram yang ‘wah’ dan teratur. Sehingga orang lain yang berkunjung ke instagram milik Anda, akan merasa betah melihat-lihat segala yang berhubungan dengan bisnis Anda.

5. Jangan posting terlalu sering
Kesalahan lainnya yang sering dilakukan di instagram adalah waktu posting yang terlalu sering. Buatlah penjadwalan yang baik agar instagram Anda tidak dianggap spam. Membuat postingan dengan penjadwalan dua kali sehari akan lebih mengesankan daripada harus posting setiap jam setiap waktu. Orang akan tidak mudah bosan dengan isi instagram Anda dengan membuat penjadwalan yang tepat.

6. Jangan OverSelling
Kesalahan terbesar lainnya adalah Anda terlalu banyak menawarkan produk hingga lupa bahwa tujuan Anda adalah tentang membangun citra bisnis, membangun advokasi, dan menciptakan sebuah timbal-balik. Anda perlu membuat pula postingan yang berisi inspirasi, tips-tips, atau konten selingan lainnya. Konten yang baik akan mendorong audiens untuk tertarik pula dengan brand milik Anda.

7. Jangan posting foto berkualitas rendah
Kesalahan lain yang sering dilakukan dalam pemasaran instagram adalah mengupload gambar berkualitas rendah. Pastikan instagram Anda menjadi sebuah galeri yang indah untuk dipandang dan membuat terkesan calon pembeli Anda.

8. Jangan Membuat Pengunjung Sulit Menemeukan Produk
Bisnis yang tidak memudahkan orang untuk melakukan pembelian berdasarkan apa yang mereka lihat di Instagram, maka hilanglah kesempatan untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Anda bisa menuntun pengunjung untuk melihat produk yang Anda miliki, misalnya dengan mencantumkan link menuju website Anda. Dengan itu, orang akan lebih mudah menemukan produk-produk yang Anda miliki.

9. Jangan Menggunakan Hashtag yang Salah
Salah satu kesalahan terbesar dalam menjalankan bisnis adalah dengan mencantumkan hashtag-hashtag yang tidak sesuai dengan bisnis yang Anda miliki. Seharusnya Anda berjualan pakaian, eh malah Anda memasukkan hashtag yang berhubungan dengan makanan. Jelas itu salah. Belum lagi jika Anda menggunakan hashtag yang terlalu banyak, pengunjung pasti akan merasa kesal dan tidak jadi tertarik dengan bisnis yang Anda tawarkan.

10. Jangan Terlalu Banyak Hashtag
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jangan terlalu banyak hashtag dalam satu postingan. Tiga hashtag yang paling relevan bisa Anda gunakan dalam satu postingan. Alih-alih ingin menjangkau lebih banyak pengunjung, maka Anda menggunakan banyak hashtag. Waah jangan sampai ya Anda menggunakan 30 atau 20 hashtag dalam setiap post.

Itulah beberapa hal yang harus Anda hindari untuk mempromosikan bisnis milik Anda melalui Instagram. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

5 Pelajaran Hidup dari Jack Ma, Orang Dibalik Suksesnya Alibaba

Next post

3 Alasan Menggunakan Youtube Untuk Meningkatkan Penghasilan

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.