Uncategorized

Harbolnas 2016 Telah Tiba: Tips Agar Nyaman Berbelanja Online

Share this good stuff:

Hari Belanja Nasional (Harbolnas) adalah hari yang paling ditunggu-tunggu pastinya bagi para pebisnis online, pemilik toko online, hingga para pelanggan yang menenangi belaja online. Salah satu tujuan perayaan Harbolnas 2016 kali ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja online, sehingga industri e-commerce di Indonesia terus berkembang dan mendorong para pebisnis lokal untuk ikut bergabung memeriahkan Harbolnas. Tetapi sayangnya, perayaan Harbolnas pada tahun lalu diwarnai dengan bertebaran diskon palsu dari sebuah situs belanja online ternama di Indonesia.

Dari kejadian tersebut, menunjukkan bahwa meskipun penawaran yang diberikan tampak meyakinkan, tetapi dalam berbelanja online tetap membutuhkan kecermatan karena ada beberapa oknum nakal yang ternyata memanfaatkan momen ini untuk keuntungan pribadi. Pastinya Anda juga tidak ingin rugi ketika berbelanja online di Hari Belanja Online Nasional, bukan? Maka ikuti tips-tips berikut ini agar Anda bisa berbelanja online dengan nyaman dan aman.

  1. Mencatat Tanggalnya

Harbolnas 2016 ini dilaksanakan pada tanggal 12 – 14 Desember 2016, dimana pada tanggal tersebut bertepatan dengan hari libur panjang. Bagi Anda yang memiliki rencana liburan bersama keluarga atau teman-teman, jangan lupa untuk menandai tanggal tersebut atau menambahkannya pada buku agenda Anda agar liburan Anda tidak terganggu.

  1. Membuat daftar barang yang dibutuhkan

Jika Anda ingin berbelanja untuk kebutuhan liburan Natal dan akhir tahun, seperti untuk hadiah Natal, parcel untuk Natal, tiket pesawat atau kereta api untuk liburan, koper, tas, pakaian, dan kebutuhan-kebutuhan yang lainnya, maka sebaiknya Anda membuat daftar belanja sekarang, karena ini adalah momen yang tepat dengan berbagai promo dan diskon potongan harga yang besar. Dengan memiliki daftar pilihan belanja, Anda akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan pemesanan barang dalam belanja online Anda.

  1. Mempersiapkan budget

Pastikan Anda sudah mengatur budget tersendiri untuk belanja online saat Harbolnas 2016. Jangan sampai momen berharga ini mempengaruhi finansial Anda dalam beberapa waktu ke depan. Anda juga perlu memperhatikan sistem pembayaran yang diterapkan oleh situs belanja online tersebut untuk menghindari adanya penipuan online.

  1. Memilih situs online yang terpercaya

Pastikan Anda berbelanja online di situs yang terpercaya dan terbukti kualitas barangnya. Ini untuk menghindari kekecewaan pasca pembelian karena pastinya sangat merugikan Anda. Dalam memilih situs belanja online, pastikan situs tersebut memiliki reputasi yang baik di mata para konsumennya dengan melihat testimoni, rating, atau review dari seseorang yang sudah melakukan pembelian sebelum Anda.

  1. Mencari Informasi Promo/Diskon

Bianya, info mengenai promo atau diskon baru diumumkan ketika event dimulai, yaitu pada pukul 00.00 WIB, tanggal 12 Desember 2016. Info mengenai promo dan diskon tersebut hanya akan dibagikan pada situs-situs resmi, jadi Anda sepatutnya berhati-hati jika ada info mengenai promo dan diskon belanja online yang ada di situs-situs yang kurang meyakinkan. Atau Anda bisa mencarinya di akun media sosial yang dimiliki oleh situs belanja online  Anda bisa berlangganan newsletter atau me-follow atau like akun media sosial situs belanja online ternama.

  1. Mempertimbangkan harga

Cek harga barang-barang yang akan Anda beli secara online dengan membandingkannya dengan harga yang ditawarkan oleh situs-situs belanja online yang lain. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan harga yang terbaik dan keuangan Anda tidak menipis.

  1. Mencari promo partner

Selain penawaran khusus dari situs-situs belanja online, biasanya ada promo khusus yang dari partner resmi Harbolnas, seperti bank, jasa telekomunikasi, media sosial, maskapai penerbangan, hotel, dan lain-lain. Promo partner ini memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan promo umum yang diberikan oleh situs-situs belanja online karena adanya kerjasama antara situs belanja online dengan partner. Misal, jika situs belanja online memberikan diskon harga sebesar 20%, maka diskon promo dari partner bisa mencapai 30-40%. Anda baiknya Anda memanfaatkan promo khusus tersebut untuk menghemat pengeluaran Anda.

  1. Menyimpan bukti transaksi

Setelah melakukan transaksi belanja online, ada baiknya Anda menyimpan bukti transaksi untuk berjaga-jaga apabila ada masalah dalam proses pengiriman barang. Karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti terhadap pesanan Anda, kemungkinan yang bisa saja terjadi adalah adanya ketidaksesuaian dengan barang yang Anda pesan atau barang yang Anda terima dalam keadaan yang tidak diinginkan atau rusak. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa mengajukan komplain dengan bukti transaksi dan barang pesanan Anda agar situs belanja online tersebut segera memprosesnya dan memberikan pengembalian atau penggantian pesanan Anda.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Berhentilah Membangun Trafik dan Mulailah Membuat Konversi dengan Ikuti Cara-cara Ini

Next post

Fakta-fakta Seputar Harbolnas 2016

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.