Bisnis OnlineOnline Marketing

Google AdWords vs Facebook Ads: Pilih Mana?

Share this good stuff:

Google AdWords dan Facebook Ads merupakan media pemasaran yang sedang populer akhir-akhir ini. Meski keduanya sama-sama berbayar, namun banyak orang yang menggunakan layanan besutan Google dan Facebook ini. Keduanya sama-sama media periklanan yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Facebook Ads dan Google AdWords merupakan layanan yang banyak digunakan karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memunculkan iklan.

Google yang notabene merupakan mesin pencari terbesar saat ini tentu akan menjadi media yang efektif untuk memunculkan iklan kepada audience yang sedang membutuhkan.

Google berbeda dengan Facebook. Beriklan di Facebook akan ditargetkan pada orang-orang yang sesuai kriteria, sedangkan beriklan di Google akan dimunculkan pada orang-orang yang memang membutuhkan layanan bisnis Anda.

Lalu apa saja perbedaan beriklan di Google AdWords dan Facebook Ads? Berikut penjelasan dari tim Internet Marketing.

GOOGLE ADWORDS

google-adwords

Google AdWords merupakan iklan yang akan ditampilkan pada halaman pencarian Google. Dan Google AdWords mempunyai beberapa cara untuk mendapatkan pelanggan, yaitu:

  1. Google Search
    yaitu iklan akan ditampilkan pada orang-orang yang sedang mencari keyword yang sesuai dengan keyword yang Anda atur untuk bisnis Anda.
  2. Contextual Target
    Google akan secara otomatis menampilkan iklan website yang tersambung degan Google Display Network. Hal ini didasarkan pada keyword yang diketik oleh orang di mesin pencari mempunyai relevansi dengan topik website.
  3. Placement Targeting
    Iklan AdWords akan ditampilkan untuk orang-orang yang berada di wilayah geografis yang sesuai dengan pengaturan iklan Anda.

FACEBOOK ADS

facebook-ads

Facebook Ads merupakan media beriklan di Facebook. Facebook Ads akan memunculkan iklan pada orang-orang yang termasuk dalam syarat target market Anda,yang meliputi chat, hobi, gender, usia, geografis, dll.

Kemudian jenis iklan di facebook ada banyak, namun yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Eksternal Ads
    Iklan facebook yang satu ini akan membawa seseorang yang mengklik iklan untuk digiring menuju website tujuan.
  2. Page Like
    Bisanya iklan page like hanya ditujukan untuk menambah jumlah like atau fans pada halaman fanpage.
  3. Sponsored
    Iklan jenis sponsored terbilang pintar dalam memanfaatkan efek viral yang dimiliki Facebook. Iklan sponsored akan terlihat oleh pengguna yang telah me-like atau mengkomen status disebuah fanpage.
  4. Page Post Ads
    Iklan jenis ini secara umum hampir sama dengan Page Like, namun ditujukan pada postingan tertentu. Jadi hanya postingan yang diiklankan yang akan mendapat banyak like.
Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Google Serius Perkenalkan Google Cloud Platform

Next post

Cara Efektif Menulis Iklan AdWords

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.