Sales & Marketing

Cara Pemasaran untuk Bisnis Praktek Kesehatan

Share this good stuff:

Tidak ada yang lebih penting dari kesehatan Anda bukan? Adalah hal yang sulit untuk menemukan klinik kesehatan yang terdekat dan bisa dipercaya. Jika Anda berbicara dengan orang-orang terdekat mengenai hal ini. Kemungkinan informasi yang Anda dapat adalah mengenai pelayanan yang buruk, peralatan yang kurang memadai, pengalaman dokter yang diragukan.

Informasi-informasi yang didapat adalah jawaban yang tidak ingin Anda dengar. Dan kemudian Anda menyimpulkan bahwa memang sulit untuk bisa menemukan praktek kesehatan (praktek dokter kulit, kecantikan, gigi, dan lain-lain) yang tepat.

Word-of-mouth mungkin bisa berhasil, tetapi untuk bisa mendatangkan keuntungan dari strategi tersebut juga sulit. Dan bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang kesehatan, berikut ini ada beberapa ide pemasaran untuk mempermudah Anda menemukan pelanggan potensial:

Meningkatkan awareness dari target audience lokal

Sementara mungkin Anda ingin agar praktek kesehatan Anda bisa dikenal oleh banyak orang melalui word-of-mouth, tapi Anda juga perlu mengenal lebih dekat siapa target audience di sekitar tempat praktek kesehatan Anda.

Yang terpenting dan lebih dahulu dilakukan adalah meningkatkan kesadaran target audience di sekitar tempat praktek kesahatan Anda. Anda mungkin tidak menginginkan jika iklan dilihat oleh orang Jakarta, sementara tempat praktek kesehatan Anda ada di Semarang, tentu hal ini tidak memberikan hasil apapun.

Anda bisa menggunakan peta baru dengan Google My Business untuk membagikan informasi detail mengenai praktek kesehatan Anda, seperti alamat, jarak lokasi pasien dengan tempat praktek kesehatan Anda, jam kerja Anda, dan menggunakan link “Get directions”. CTA bahkan bisa berguna untuk memudahkan calon pasien untuk membuat jadwal pertemuan dengan Anda.

Membuat iklan Click to Call

Tujuan utama dari pemasaran atau iklan praktek kesehatan adalah agar pembukuan janji pertemuan dengan pasien lebih mudah. Untuk membuat pertemuan dengan dokter, biasanya seseorang akan menghubungi dokter via telepon atau telepon langsung ke tempat prakteknya.

Fitur seperti ini tersedia di Facebook dan AdWords di perangkat smartphone, dekstop, dan tablet. Fitur ini juga bisa ditambahkan pada iklan yang sudah ada atau Anda bisa hanya membuat iklan kampenye Click to Call.

Membuat iklan Call-Only

Menurut Google, sebagian besar pencarian informasi yang berhubungan dengan kesehatan dilakukan menggunakan smartphone. Dan satu dari dua puluh pencarian Google adalah pencarian informasi seputar kesehatan. Jangan lewatkan kesempatan ini, Anda dapat membuat iklan khusus untuk perangkat smartphone dengan kampanye iklan Call-Only melalui AdWords.

Membuat pengingat janji pada pasien

Entah itu dalam bentuk pesan atau panggilan telepon, pengingat janji penting untuk memastikan pasien Anda bersedia datang. Anda bisa menggunakan menggunakan pengingat Google Calendar, dan mengirimkan pengingat dan konfirmasi melalui email.

Pemasaran ulang (remarketing)

Pemasaran ulang membantu Anda untuk menjangkau orang-orang yang sudah mengunjungi website atau praktek Anda, dengan penyajian iklan yang terfokus pada cara untuk mendapatkan pelanggan potensial tersebut. Jika Anda mengumpulkan email dari pasien Anda, email-email dapat dimanfaatkan dengan menggunakan Google Adwords dan Facebook.

Upload email-email tersebut untuk membuat pemasaran ulang dan membuat iklan yang menarik agar pasien Anda bersedia untuk datang kembali. Atau Anda bisa mengirimkan email tentang cek kesehatan atau pengobatan kepada pasien Anda.

Sebenarnya masih ada beberapa cara lagi agar bisnis praktek kesehatan dipercaya banyak orang dan berkembang. Seperti mencantumkan sertifikasi resmi dari badan kesehatan atau perusahaan medis di setiap iklan. Itu cukup berpengaruh pada tingkat kepercayaan publik.

Jika masih ada cara yang belum disebutkan dan ingin dibagi. Silahkan tambahkan di kolom komen ya.

Semoga sukses.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

5 Tips untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Next post

Cara Bisnis Kecil agar Dapat Bersaing dengan Bisnis Besar Menggunakan SEO dan Media Sosial

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.