Video Marketing

Cara Mengupload Video ke YouTube dan Pengaturan Dasar

Share this good stuff:

Saat ini YouTube bukan hanya platform video seperti yang kita kenal pada umumnya. Website ini telah menjadi media periklanan. YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua setelah Google dengan lebih dari 1 miliar pengguna setiap bulan. Ini adalah cara ampuh melakukan branding melalui iklan video komersial dengan YouTube Trueview.

YouTube dibanjiri ratusan ribu video dan memiliki jutaan channel. Diketahui bahwa 1 miliar jam telah dihabiskan untuk menonton video setiap harinya. Dari angka 1 miliar jam per hari ini dapat dibayangkan betapa banyaknya videographer di seluruh dunia yang telah mengupload video ke YouTube.

Menambah video ke YouTube sendiri dapat dilakukan jika Anda sudah memiliki channel. Untuk membuat channel, Anda dapat membaca Cara Mudah Membuat Channel YouTube.

Mengupload video ke YouTube dapat dilakukan menggunakan komputer dan smartphone. Selain itu, Anda juga dapat mengatur jadwal kapan video akan mulai ditayangkan. Penjadwalan ini cukup berguna karena jika mengupload video ke YouTube dalam waktu yang berdekatan dalam jumlah banyak, bisa-bisa hal tersebut dicap sebagai tindakan spam dan channel Anda bisa terkena banned.

Cara mengupload video ke YouTube terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, jika Anda masih bingung bagaimana caranya, mudah-mudahan artikel ini akan membantu. Internet Marketing akan membagikan cara upload video ke YouTube serta pengaturan dasarnya.

  1. Login ke YouTube

Silakan kunjungi YouTube terlebih dahulu untuk melakukan login. Jika belum memiliki akun dan channel, baca Cara Membuat Channel YouTube.

Setelah login, Anda akan dibawa masuk ke channel YouTube milik Anda.

  1. Pilih button Upload

Pada bagian kanan, terdapat tanda upload dengan bentuk panah ke atas. Klik panah tersebut untuk mengupload video ke YouTube.

  1. Menambah video yang ingin di upload

mengupload video ke youtube

Selanjutnya, Anda akan dibawa menuju halaman untuk menambah video ke YouTube. Klik button Upload seperti gambar di atas. Silakan pilih video yang ingin Anda upload ke YouTube.

  1. Tunggu proses

Video akan melewati beberapa proses terlebih dahulu sebelum ditayangkan ke publik. Sambil menunggu proses upload selesai, isilah form yang tertera pada gambar sesuai dengan deskripsi dari video yang di upload.

Perlu diketahui, bahwa terdapat 4 pilihan disini, yaitu:

  • Publik : video yang sudah di upload akan disebarkan kepada publik/umum.
  • Tidak publik: video hanya dapat dilihat oleh Anda.
  • Pribadi : video hanya dapat dilihat pribadi serta orang-orang tertentu dengan membagikannya.
  • Dijadwalkan: video akan ditayangkan sesuai dengan jadwal yang sudah Anda atur.

Selain opsi di atas, terdapat beberapa setting yang dapat diatur pada video tersebut. Seperti gambar di bawah. Isikan keterangan video sesuai dengan keinginan Anda.

     

  1. Publikasikan

Proses upload sudah selesai, saatnya untuk mempublikasikannya dengan mengklik button Publikasikan. Dan video akan segera ditayangkan setelah Anda mengklik Selesai.

  1. URL video YouTube

Proses menambah video ke YouTube selesai jika telah muncul URL video YouTube milik Anda.

  1. Tonton video melalui YouTube

Tontonlah video Anda dengan membukanya melalui URL yang terdapat pada poin ke 6. Setelah Anda rasa cukup dari hasil tampilan video artinya tugas mengupload video ke YouTube telah usai. Namun, jika masih dirasa ada yang perlu diedit, silakan ikuti poin selanjutnya.

  1. Pilih Creator Video

  1. Klik Edit

Klik Edit pada video yang ingin diedit.

  1. Mulai mengedit

Aturlah settingan video yang Anda rasa harus disetting.

  1. Simpan Perubahan

Jika Anda sudah selesai mengatur settingan serta publikasi video, pilih Simpan Perubahan untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan.

Nah, sudah selesai. Anda telah berhasil mengupload video ke YouTube dengan cepat dan mudah. Selamat mengupload video ke YouTube ya.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

3 Tren Utama Pemasaran Online 2017 Yang Tidak Boleh Terlewat

Next post

Strategi Menambah Follower Instagram Untuk Bisnis