Video Marketing

Cara Membuat Konten Video Iklan yang Menarik

Share this good stuff:

Kini ada sebuah tren yang tidak dapat dihindari lagi dalam dunia marketing, yaitu produksi video iklan. Video iklan  yang efektif adalah video yang dapat menjelaskan poin-poin utama dari bisnis dan dapat mempengaruhi penonton. Sehingga saat ini persaingan dalam membuat konten video yang dapat menarik perhatian penonton cukup ketat. Hal ini memberikan tantangan tersendiri untuk membuat video iklan sebagai salah satu strategi pemasaran.

Dalam proses pembuatan video identik dengan sarana yang cukup mahal, seperti kamera, laptop, aplikasi penyunting video, jasa video editing, dan lain-lain. Padahal, video iklan tidak selalu menghabiskan biaya yang besar, bahkan pemula juga bisa membuat video iklan yang menarik dengan mengikuti cara-cara berikut:

Temukan Jenis Konten Video yang tepat

Ada beberapa pilihan yang dapat digunakan, yaitu wawancara, monolog, tutorial, video lucu, atau video explainer.

Pertama, wawancara yang dilakukan adalah dengan narasumber yang memiliki keahlian di bidang tertentu dan memiliki relevansi dengan bisnis Anda.

interview video

Kedua, monolog, yang berarti konten video secara langsung berbicara mengenai produk. Namun agar tidak terlihat membosankan, Anda dapat menggunakan teknik tertentu, seperti stop motion, animasi, kartun, dan lain-lain.

monolog video

Ketiga, Anda bisa membuat konten video tutorial mengenai bagaimana produk Anda dapat menjadi solusi bagi konsumen. Karena konsumen akan melihat secara langsung bagaimana produk Anda akan dapat berfungsi.

tutorial video

Keempat, membuat video lucu untuk menghibur penonton dan untuk menghindari hard-selling.

video lucu

Atau kelima, bisa gunakan jasa pembuatan video explainer. Biasanya para video creator ini membuat animasi singkat yang menjelaskan nilai bisnis atau nilai produk Anda.

video explainer

Baca juga : Cara membuat channel YouTube

Buat Skenario Video

Skenario adalah panduan dalam sebuah pembuatan video yang menggunakan bahasa visual atau dengan menggambar adegan per adegan yang akan direkam nanti. Konten video sebaiknya tidak menceritakan tentang bisnis Anda sendiri, melainkan lebih mengarah pada apa yang akan ditunjukkan kepada penonton.

Latihan

Anda memerlukan waktu untuk menemukan cara terbaik dalam menjelaskan sebuah produk. Jangan terlalu terpaku dengan skenario dan terkadang spontanitas juga mampu memberikan nilai keluwesan, seperti berbicara dengan penonton secara langsung.

Mulai perekaman video

Perhatikan pencahayaan, kejelasan suara, dan kualitas gambar video. Sekali lagi, Anda tidak perlu memerlukan banyak biaya demi mendapatkan video yang berkualitas. Perekaman yang dilakukan di dalam sebuah ruangan yang kedap suara dapat mempermudah proses pengambilan gambar. Kemudian lakukan proses penyuntingan video menggunakan perangkat lunak komputer.

cheap video shooting

Sebarkan video Anda

Langkah terakhir adalah menyebarkan video dengan upload ke Youtube dan membagikan tautan video tersebut pada social media. Perhatikan umpan balik penonton mengenai produk Anda. Apabila respon yang diberikan positif, itu berarti video iklan Anda dapat dipahami dan menarik bagi penonton.

Video iklan pada dasarnya adalah video yang memberikan informasi mengenai suatu produk yang dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat penonton, serta memiliki karakteristik tertentu dan persuasif sehingga para penonton secara suka rela terdorong untuk melakukan suatu tindakan sesuai dengan yang diinginkan pengiklan.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Tanda-tanda Bisnis Anda Perlu Rebranding

Next post

Pengaruh Fitur Pencarian Suara Terhadap SEO

1 Comment

  1. Jasa Iklan Instagram
    June 15, 2017 at 7:44 am

    Terimakasih infonya