Social Media

Taktik Branding Kilat Dengan Selebgram Marketing

Share this good stuff:

Selebgram marketing merupakan strategi yang terbilang mudah, murah, dan sangat efektif untuk branding produk Anda via Instagram. Brand awareness bisa terdorong naik dan sekaligus menambah follower.

Dan siapa sangka, marketing melalui selebgram bahkan bisa digunakan sebagai channel untuk launching produk.

Taktik ini biasa disebut dengan influencer marketing. Menurut data StarNgage di tahun 2017 ini, 50% pengguna internet di Indonesia menggunakan Instagram, dan itu artinya 48 juta orang menggunakan platform sosmed Instagram.

Tidak hanya itu, 74% customer mengandalkan media sosial dalam mengambil keputusan membeli. Follower juga lebih engage (komunikatif) dengan akun seleb yang mereka follow dibandingkan dengan akun bisnis. Dengan menyesuaikan follower dari selebrita dengan target pasar, kita bisa “menembak” lebih tepat.

Hal inilah yang menghasilkan angka ROI cukup tinggi ketika kita menggunakan selebgram marketing untuk promosi produk dan brand kita di Instagram.

Begini Caranya Selebgram Marketing Bekerja

Dengan sekian puluh juta masyarakat Indonesia yang main IG setiap harinya, Instagram merupakan salah satu platform sosmed terbaik untuk brand bisa berkolaborasi dengan para influencer (mereka biasa kita panggil dengan sebutan selebgram).

Iklan yang dilakukan melalui para selebgram ini lumayan meruntuhkan wajah iklan tradisional. Customer langsung dikenalkan pada brand Anda melalui sumber yang lebih bisa dipercaya, dengan kata lain langsung melalui akun Instagram tokoh idola.

Proses Promosi Melalui Selebgram

Umumnya, proses pemasaran ini dimulai dari sebuah brand yang menghubungi selebgram, mengajak berkolaborasi. Selebgram yang dipilih juga tidak sembarangan. Brand harus riset terlebih dahulu dari segmen mana saja dan berapa follower yang dimiliki selebritis tersebut.

promosi produk via selebgram atau selebgram marketing
promosi produk via selebgram

Bentuk kerja samanya berbagai macam rupa. Mulai dari postingan Instagram model sponsor (endorse), postingan blog yang dipromosikan melalui sosial media, atau untuk jangka panjang sang selebgram bisa dikontrak sebagai brand ambassador.

Harga Selebgram

Semakin banyak follower yang dipunya biasanya semakin mahal biaya kerja sama ini. Tidak melulu dengan uang, model endorse juga kadang menerima barter postingan Instagram dengan produk yang dipromosikan.

Jadi Anda tidak harus punya budget besar untuk memanfaatkan kekuatan influencer marketing ini.

Baca Juga : Tips Menulis Caption Instagram Yang Kece Badai

Jika Anda punya produk yang bagus, cara komunikasi yang bersahabat, dan target demografi yang tepat, Anda bisa meracik sesuatu yang bisa menghasilkan win-win solution bagi brand Anda dan selebgram.

Menghubungi Selebgram Untuk Kerja Sama

Consumer di Indonesia cukup memperhatikan gerak-gerik artis yang mereka idolakan. Keputusan pembelian produk bisa terpengaruhi dari selebgram ini.

Kontak Profesional

kontak selebgram tertera di biografi akun
kontak selebgram untuk urusan bisnis tertera di biografi akun

Jika produk dan target pasar Anda cocok dipromosikan melalui selebgram. Anda bisa mulai mengontak mereka untuk bekerja sama. Sebenarnya tidak sulit menghubungi selebgram yang sudah terbiasa bekerja sama dengan brand untuk paid promote. Mereka biasa mencantumkan email atau kontak lain di biografi singkat Instagramnya dengan keterangan “Business Inquiries“.

Kontak via Instagram

Fitur Instagram Direct
Instagram Direct

Jika tidak tertera kontaknya, Anda bisa mengirim pesan langsung melalui Instagram dengan menggunakan fitur Instagram Direct yang ada di dalamnya. Fitur yang diluncurkan tahun 2013 ini awalnya berfungsi sebagai wadah berbagi foto secara privat. Namun kita juga bisa menggunakannya untuk berkirim pesan.

Influencer Marketing Agency

Selain itu ada cara lain. Yaitu menggunakan jasa Agensi Influencer Marketing. Agensi seperti ini sudah terbiasa menjadi jembatan antara brand dan selebgram.

Kelebihan menggunakan servis agensi adalah mereka punya data beberapa selebgram yang ditangani. Agensi seharusnya bisa menganalisa siapa seleb yang cocok untuk berkolaborasi dengan brand kita. Mereka juga bisa membantu kita menyiapkan konten foto atau postingan yang sesuai dengan goal kita. Dan terlebih itu, mereka sudah punya paket harga yang akan ditawarkan, kita tinggal memilih mana sesuai dengan budget.

Kekurangannya sudah jelas, dengan menggunakan agensi berarti kita harus mengeluarkan biaya lebih banyak dibandingkan jika langsung menghubungi sang selebgram. Namun untuk kita yang tidak mengerti banyak soal ini, kita bisa terima jadi.

Sisanya kita tinggal berdiskusi dan negosiasi tentang konten posting, jadwal posting, dan harga. Setelah promosi jalan, kita bisa memonitor performa dan evaluasi taktik pemasaran ini.

Bagaimana, Anda tertarik menggunakan strategi selebgram marketing untuk branding yang lebih mudah dan murah?

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Tips Agar Email Tidak Masuk Spam Yang Wajib Anda Ketahui

Next post

Cara Daftar Google AdSense Untuk Pemula