Bisnis OnlineOnline MarketingSales & Marketing

Beberapa Tips agar Strategi Digital Marketing Lebih Efektif

Share this good stuff:

Strategi Digital Marketing seperti sekarang ini harus dilakukan dengan cara yang efektif. Banyak orang yang gagal karena tidak mengetahui tips dan trik dalam memulai digital marketing. Banyak faktor yang menyebabkan kegagalan para startup tersebut, seperti kurangnya budget, tidak adanya strategi yang tepat, dan kurangnya pengalamanan. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk membuat rencana yang lebih matang agar bisnis yang sedang dijalani dapat bersaing dengan para kompetitor. Nggak mau kan kalau kompetitor sudah membuat strategi yang tepat, eh malah Anda belum? Bisnis Anda pasti akan mudah untuk dikalahkan oleh kompetitor-kompetitor.

[Artikel Terkait: 4 Penyebab Bisnis Online Sulit Berkembang Di Dunia Marketing]

Tanpa adanya strategi yang tepat, Anda tak akan mengetahui bagaimana ketatnya persaingan di dunia digital marketing. Anda tidak akan tujuan yang sebenarnya terjun ke dunia digital marketing. Bangunlah terlebih dahulu strategi tepat guna untuk digital marketing, seperti:

Menggunakan Mobile untuk Menjangkau Target Market

Jaman sekarang, semua sudah serba modern. Banyak orang yang mulai menggunakan mobile untuk strategi bisnisnya. Anda juga harus memulai untuk menggunakan strategi mobile untuk menggaet pelanggan. Pasalnya, orang sekarang lebih sering menghabiskan waktunya di depan layar handphone ketimbang harus duduk berjam-jam di depan komputer dan TV.

Jika Anda mempunyai sebuah website, buatlah sebuah website yang responsive dan mudah dibuka di perangkat manapun termasuk perangkat mobile. Anda akan mendapat keuntungan yang besar jika mampu menghadirkan sebuah halaman web yang mobile-friendly. Google sendiri menyatakan akan memberikan prioritas yang lebih tinggi bagi halaman web yang memiliki sifat mobile-friendly.

Tidak Perlu Pakai Cara Ribet

Memangnya jaman dulu? Dimanapun masih ada sales-sales yang siap memasuki setiap rumah dengan menjajankan barang dagangnya. Kalau Anda masih menggunakan cara seperti ini untuk memasarkan bisnis Anda, bisa dibilang Anda telah ketinggalan jaman alias kuno. Memang sih, beberapa perusahaan masih memerlukan cara seperti ini, tapi perusahaan itu kan sudah besar dan memiliki karyawan banyak. Tapi bayangkan jika Anda yang baru memulai bisnis melakukan hal seperti ini? Waktu yang Anda habiskan untuk jalan menawarkan barang akan terasa tidak efektif dan hasil yang didapat belum tentu menguntungkan.

Teknologi sudah memberikan segalanya, maka dari itu manfaatkan pula dengan sebaik-baiknya. Pakailah sosial media yang sudah tersedia untuk menawarkan barang. Anda hanya perlu mencari target pelanggan sebanyak-banyaknya, posting foto produk dan konten yang menarik, dan duduk santai. Pundi-pundi uang akan cepat masuk ke kantong Anda.

Jangan Berbelit-belit

Pelanggan tidak suka jika ada pebisnis yang menawarkan dengan cara yang berbelit-belit. Muter kesana-kemari tanpa ada berhentinya. Dengan begitu, pelanggan Anda akan cepat malas dengan bahan obrolan yang Anda buat.

Katakan apa saja yang sekiranya diperlukan oleh pelanggan dengan singkat dan jelas. Tunjukkan mereka bagaimana cara mendaftar, apa manfaat yang mereka dapatkan ketika menggunakan produk Anda, dan bagaimana cara membelinya. Semuanya harus Anda sampaikan dengan singkat dan jelas.

Hindari Aplikasi Mobile

Cara yang terakhir ini, selain rumit juga kurang membawa hasil. Jika bisnis Anda baru tahap memulai, tapi sudah berani membuat aplikasi mobile sendiri… Duh! Posisi aplikasi yang sudah Anda buat pasti bakal terkalahkan dengan aplikasi-aplikasi lain yang sudah mendunia dan menjadi kebutuhan di setiap perangkat mobile. Selain itu, aplikasi mobile juga kurang berpengaruh terhadap traffic website yang Anda miliki.

Itulah beberapa tips agar strategi digital marketing yang Anda jalankan dapat berjalan efektif. Semua orang pasti pernah malas mencoba, tapi yakinlah jika dari awal sudah memiliki tekad dan tujuan yang kuat, strategi itu akan berbuah kesuksesan yang manis. Salam Internet Marketing.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Tips Meningkatkan Eksistensi di Instagram

Next post

Ciri-Ciri Blog Yang Dicintai Banyak Orang, Blog Andakah Salah Satunya?

1 Comment

  1. achdan
    September 11, 2016 at 2:21 pm

    Tips yang cukup mengena bagi pemula seperti saya. Tanks

Leave a reply

Your email address will not be published.