Online Marketing

Apa Itu Content Marketing? Sederhana Tapi Sangat Penting

Share this good stuff:

Pemasaran online saat ini menjadi salah satu strategi utama dilakukan oleh para pengusaha. Baik bisnis kelas menengah ke bawah maupun yang menengah ke atas, semua sudah mulai menggunakan cara pemasaran secara online. Mereka menganggap cara pemasaran ini dapat menarik audiens dari segmen pemasarannya secara lebih efektif dan efisien.

Dengan melakukan pemasaran produk secara online maka bisnis tersebut akan mudah dikenal oleh masyarakat yang sesuai dengan target pemasarannya. Dengan adanya hal tersebut maka mau tidak mau para pebisnis juga harus berinovasi sekreatif mungkin untuk bisa memasarkan produknya secara online.

Dengan adanya tuntutan seperti itu maka kita semua harus benar-benar memiliki strategi dalam pemasaran online, salah satu strategi pertama yang dapat kita lakukan untuk memasarkan produk secara online adalah dengan menggunakan content marketing. Yups benar, content marketing atau pemasaran konten.

Bagi kalian yang sudah lama bergelut menjadi pengusaha pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya content marketing. Terkadang kita semua menganggap sederhana hal tersebut, namun perlu kalian semua ketahui, meskipun sederhana ternyata content marketing sebenarnya memiliki dampak yang sangat penting dalam kegiatan usaha anda semuanya.

Apa Itu Content Marketing

Lalu apa pengertian content marketing atau pemasaran konten? Yups langsung saja ya, jadi gini content marketing merupakan strategi pemasaran yang kita lakukan dengan cara membuat content, yang mana isi dari content tersebut berupa informasi yang bersifat persuasif atas sebuah produk atau barang yang sedang kita tawarkan. Atau bisa saja konten yang dibuat tidak berisi informasi produk secara langsung, namun berupa informasi hiburan atau edukasi yang secara tidak langsung berkenaan dengan produk.

Misal, sebuah bisnis penyewaan genset memproduksi konten mengenai tagihan listrik di kanal media sosial miliknya atau websitenya. Karena bisnis ini masih bersangkutan dengan dunia perlistrikan, diharapkan lebih luas audience yang bisa dijangkau. Jadi tidak melulu berkaitan dengan penjualan, tapi bisa juga dari branding.

Dengan melihat pengertian di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa pemasaran content merupakan cara untuk memasarkan sebuah produk secara tidak langsung melainkan kita membuat sebuah content yang kita gunakan untuk mempengaruhi konsumen atas sebuah produk/jasa yang sedang kita tawarkan.

Secara sekilas hal ini dianggap sederhana, namun apabila kita mempelajarinya lebih dalam maka hal ini ternyata membawa dampak yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu barang atau jasa yang kita buat.

Mengapa Content Marketing Penting

Seberapa penting content marketing bisa kita lihat dari contoh berikut. Ini adalah data jumlah halaman yang dikunjungi pada website Meme Florist bulan November 2017 di bawah ini.

pageview artikel

Website Meme Florist memiliki artikel blog tentang cara membuat buket bunga mawar. Jumlah halaman artikel blog tersebut bisa dilihat hampir 2x lipat dibandingkan jumlah halaman utama bisnis yang dilihat. Ini sangat membantu brand lebih dikenal melalui pengunjung blog.

Atau seperti postingan di akun Instagram Meme Florist di bawah ini.

hari Kesaktian Pancasila by Meme Florist

Mereka mengunggah ucapan selamat untuk Hari Kesaktian Pancasila bulan Oktober silam. Jadi tidak melulu menyediakan konten tentang produknya, tapi juga mengupload konten tentang momen atau even yang sedang terjadi.

Saat ini orang sudah bosan dengan sebuah iklan yang berisi penawaran produk, nah dengan menggunakan content marketing kita akan mampu menarik pelanggan melalui isi dari konten yang kita buat. Seperti frase yang sudah terkenal “konten adalah raja”. Di era digital saat ini konten merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pemasaran produk secara online.

Baca juga : Persiapan Marketing Akhir Tahun Harus Serius

Di zaman yang semakin canggih saat ini, konsumen bukan hanya sebagai pihak pasif penerima iklan, namun saat ini konsumen juga dapat memberikan ulasan mengenai suatu produk dengan cara mereview produk tersebut kemudian mereka posting di akun sosial media. Dengan hal ini pula maka kita harus menciptakan sebuah konten yang berkualitas agar review terhadap barang maupun jasa kita juga berkualitas.

Bagaimana, sudah paham kan dengan yang namanya content marketing, untuk itu mari mulai sekarang kita ciptakan konten yang berkualitas agar pemasaran online yang kita lakukan tidak sia-sia belaka. Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga melalui informasi ini anda semua dapat memahami begitu pentingnya sebuah content marketing, sampai jumpa di tips-tips selanjutnya ya.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Besarnya Prospek Bisnis Kopi Yang Ternyata Butuh Modal Kecil

Next post

Peluang Usaha Online Tahun 2018 Semakin Menjanjikan