Bisnis OnlineSales & Marketing

5 Tips untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Share this good stuff:

Apa itu loyalitas konsumen?

Loyalitas atau kesetiaan konsumen adalah ukuran dari berapa kali konsumen Anda melakukan pembelian atau berpartisipasi dalam bisnis Anda. Industri yang berbeda memiliki berbagai cara dalam mengukur loyalitas konsumen, namun cara yang paling dasar dilakukan adalah dengan melihat jumlah pembelian yang dilakukan oleh para konsumen dalam suatu database.

Konsumen yang melakukan pembelian berulang kali adalah pembeli yang paling bernilai. Walaupun mungkin mereka tidak melakukan pembelian secara besar-besarn, namun biasanya pembelian dilakukan secara berulang-ulang. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan memiliki konsumen yang loyal, selain dapat meningkatkan keuntungan, namun produsen akan sering mendapatkan review yang baik dari konsumen. Dan itu adalah yang terpenting untuk mendapatkan kepercayaan konsumen yang potensial. Berikut ini adalah cara-cara untuk membantu Anda mendapatkan konsumen yang loyal:

Tip #1: Kenali konsumen dan biarkan mereka mengenal Anda

Konsumen cenderung akan loyal jika mereka merasa dihargai. Apakah Anda mengingat tanggal ulang tahun mereka? Atau barang terakhir yang mereka beli? Banyak pemasar menggunakan program email yang akan mengirimkan email berisi ucapan selamat ulang tahun kepada konsumen dan diskon-diskon selama bulan lahir konsumen.

Sebaiknya Anda transparan dalam memberikan informasi kepada konsumen. Jika perusahaan Anda mengalami masalah, beri pemberitaan pada konsumen. Jika Anda merekrut CEO baru atau meluncurkan produk baru, kirimkan berita bahagia tersebut kepada konsumen, sebelum berita tersebut Anda publikasikan ke media massa.

Tip #2: Beri penghargaan loyalti pada konsumen yang loyal

Yang terpenting bagi Anda ketika Anda sudah mendapatkan konsumen loyal adalah menjaga hubungan baik itu. Salah satunya dengan memberikan penghargaan kepada pelanggan, melalui sebuah program loyalti kepada konsumen. Penghargaan dapat diberikan dengan melalui penilaian dengan sistem poin, program VIP, membuat sebuah permainan, dan cara-cara yang lainnya.

Tip #3: Memberikan konsumen yang loyal sebuah kemudahan

Misalnya, Anda bisa mengirimkan konsumen baru mengenai panduan penggunaan melalui email setelah mereka membeli produk atau jasa Anda. Anda bisa menggunakan sistem yang otomatis, karena berguna membantu menghemat waktu dan mempertahankan konsumen loyal di dalam lingkarang bisnis Anda.

Tip #4: Menjadi yang terbaik pada apa yang Anda lakukan

Tentu saja, apa yang membuat konsumen itu loyal adalah karena Anda memberikan pelayanan terbaik agar dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka. Dengan kata lain, agar konsumen percaya dan manjadi loyal pada bisnis Anda, maka Anda harus menjadi ahli yang terpercaya pada bidang bisnis yang Anda tekuni. Jangan lupa untuk memastikan para pegawai Anda memiliki pengetahuan yang luas dan banyak pengalaman lebih dari konsumen.

Tip #5: Meminta review konsumen

Anda tidak akan tahu apa yang disukai dan tidak disukai atau apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen Anda, jika Anda tidak meminta umpan balik mereka. Respon dari konsumen sangat penting untuk mengembangkan produk atau layanan Anda, seperti mengisi kuesioner, survey online, atau dari email yang Anda kirimkan. Intinya adalah, menjadikan respon konsumen adalah bahan pembelajaran bagi Anda.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

8 Industri ini Seharusnya Menggunakan Strategi Video Marketing

Next post

Cara Pemasaran untuk Bisnis Praktek Kesehatan

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.