Inspirasi

5 Pelajaran Hidup dari Jack Ma, Orang Dibalik Suksesnya Alibaba

Share this good stuff:

Jack Ma, merupakan bos besar dari Alibaba Group. Mungkin bagi para internet marketer sudah tak asing lagi dengan nama Jack Ma. Dibalik kesuksesannya memimpin situs e-commerce terbesar di Asia, ternyata jalan hidup Jack Ma penuh lika-liku dan banyak pelajaran hidup yang dapat kita ambil darinya.

Jack Ma pernah berbicara di Clinton Global Initiative, New York tentang uang, filantropi, visinya untuk China, dan bagaimana dia bisa mencapai kesukseksan dan meraih gelar orang terkaya di China berkat Alibaba miliknya.

Baca juga: Tips Sukses Berbisnis Online

Berikut ada lima pelajaran hidup yang dapat kita pelajari dari sosok Jack Ma, yaitu:

1. Selalu Berpikir ke Depan

Jack Ma berkata di CGI New York bahwa bisnisnya meraih kesuksesan pada hari ini bukan karena ia melakukan pekerjaan yang besar pada hari ini juga. Tapi dirinya memiliki mimpi pada 15 tahun yang lalu. Ma pun tak menyangka bahwa bisnisnya pernah memiliki IPO terbesar hampir $25 milyar.

2. Uang Bukan Kebahagiaan, Uang Itu Tanggung Jawab

“Ketika saya lulus, saya mendapatkan $20 per bulan, sungguh fantastis,” kata Ma. Setelah lulus kuliah, ia memang bekerja sebagai pengajar bahasa inggris. Dan ia merasa beruntung dengan pendapatannya tersebut.

“Ketika Anda memiliki satu juta dolar, Anda merupakan orang yang beruntung. Bila Anda memiliki 10 juta dolar, Anda akan bermasalah dan banyak sakit kepala. Dan bila Anda memiliki lebih dari satu milyar dolar, atau seratus juta dolar, itu adalah tanggung jawab Anda. Uang tersebut merupakan hasil kepercayaan orang-orang, karena orang percaya bahwa Anda dapat menghabiskan uang tersebut dengan lebih baik daripada yang lainnya.”

3. Mengharapkan yang Tak Diharapkan

“Hidup itu seperti sekotak coklat,” ujar Ma lagi, ia mengambil beberapa kalimat dari film favoritnya, Forrest Gump. “Karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan Anda dapatkan.” Jadi boleh saja Anda berharap, tapi mungkin saja yang Anda dapatkan akan berbeda dengan apa yang Anda harapkan.

4. Tidak perlu Sebuah Hubungan untuk Dapat Sukses

“Kami tidak punya ayah yang kaya ataupun paman yang memiliki kedudukan kuat,” “Kami hanya memiliki pelanggan yang mendukung kami,” begitulah ujar sang pendiri Alibaba ini.

Untuk mendapatkan kesuksesan, hadirnya dari dalam diri Anda sendiri. Percuma bila memiliki ayah yang kaya ataupun kerabat yang berkedudukan kuat, tetapi bila tidak memiliki sikap-sikap yang akan membawa kesuksesan itu sendiri. Maka kata sukses itupun akan sulit terjadi di masa depan.

5. Untuk Merubah Dunia, Menabunglah di Masa Muda

“Rahasia disini adalah membantu mereka yang ingin sukses,” kata Ma. “Membantu orang muda, membantu orang kecil, karena orang-orang kecil akan menjadi besar. Dan orang muda akan memiliki benih yang akan tertanam dalam pikiran mereka, dan ketika mereka tumbuh dewasa, mereka akan merubah dunia dari hasil benih tersebut.”

Itulah beberapa pelajaran hidup yang dapat diambil dari sosok Jack Ma. Anda dapat mengambil setiap maknanya untuk menjadi besar seperti Jack Ma. Jangan menyerah dan tetap berusaha.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Tips Membuat Konten Marketing Agar Menjadi Viral

Next post

Hati-hati! 10 Kesalahan Instagram Marketing yang Harus Dihindari

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.