Entrepreneurship

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pebisnis Pemula

Share this good stuff:

Memutuskan terjun ke dunia usaha memang hal yang tidak mudah. Begitu banyak resiko yang akan kita lalui sebelum kita benar-benar berada pada titik puncak kesuksesan. Ada banyak kesalahan yang pasti akan dilakukan oleh para pebisnis pemula saat baru merintis atau memang sudah terjun ke dalam dunia usaha.

Kesalahan-kesalahan ini bukanlah hal yang lantas membuat para pebisnis menyerah begitu saja. Malah hal inilah yang bisa menjadikan pengalaman supaya pebisnis pemula dapat belajar lebih lagi dan lagi.

Berikut 5 Kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula yang dilansir dari IdeBisnis :

1. Visi Misi yang Mengambang

Memiliki visi dan misi yang jelas akan membuat pebisnis lebih jelas dalam menjalankan bisnis ke depan. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari akan hal ini sehingga ketika bisnis sudah jalan pebisnis muda akan kelimpungan sendiri.

2. Rasa Ambisius Bisa Sukses dalam Sekejap

Berambisi membesarkan usaha memang baik. Namun terlalu ambisius mengembangkan bisnis dalam waktu singkat kurang baik. Jangan terburu-buru membuat cabang ketika baru saja membuka. Meminjam uang kesana kemari tidak akan menyelesaikan permasalahan.

Membangun bisnis tidak sama dengan berjualan produk. Jualan produk itu jangka pendek. Sedangkan bisnis itu jangka panjang.

3. Manajemen Keuangan Buruk

Lha ini kesalahan yang hampir tidak mungkin tidak dilakukan pebisnis pemula. Karena menganggap bahwa bisnis masih baru, maka uang pribadi dan perusahaan dicampur begitu saja. Padahal sesedikit apapun uang usaha yang masuk tetaplah milik perusahaan.

Yang juga umum adalah tidak bisa menentukan prioritas pengeluaran uang. Yang tadinya dikira penting, ternyata tidak ada impactnya langsung untuk pelanggan atau pun untuk bisnis. Misal, terlalu fokus menjalankan iklan di semua platform sosial media. Padahal semua segmen pelanggannya hanya berasal dari 1 jenis sosmed saja.

Baca juga: Bisnis Online VS Bisnis Offline, Mana Yang Lebih Jagoan?

4. Kurang Fokus

Memang mengasyikan memiliki banyak bisnis. Namun jangan terlalu yakin bahwa bisa mengurus semuanya bersamaan ya Internet Marketers. Fokuslah pada satu yang memang benar-benar ingin dibesarkan.

Atau setidaknya one step at a time. Satu per satu hal dulu yang dikembangkan dari bisnis kita. Kembali ke prioritas. Saat mencoba mengembangkan dari banyak sisi, malah tidak ada satu hal pun yang selesai.

5. Kurang Pendekatan Pada Pelanggan

Biasanya, ketika bisnis masih sepi atau baru merintis kita ramah pada pelanggan. Namun, ketika kita mulai banjir order, pelanggan mulai terlupakan satu persatu. Pelayanan menjadi tidak seperti dulu lagi dan pelanggan mulai dianggap bukan seseorang yang spesial. Padahal pelayanan adalah salah satu kunci untuk bisa mengembangkan bisnis kita.

Nah, Internet Marketers sekarang sudah tahu kan mengapa begitu banyak yang menyerah di awal-awal merintis bisnis. Tapi kalau lima poin ini bisa kamu kuasai dengan baik, yakin deh pasti pelan-pelan titik kesuksesan akan kita gapai.

Salam Internet Marketing

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Digital Marketing vs Door To Door

Next post

Pentingnya Iklan Facebook untuk Dongkrak Penjualan

1 Comment

  1. Jalu
    October 20, 2017 at 4:45 pm

    Semoga bisa jadi Entrepeneur

Leave a reply

Your email address will not be published.