Online MarketingSEO

4 Tips Membangun Landing Pages Untuk Meningkatkan Konversi

Share this good stuff:

Ketika seseorang menekan iklan Facebook Anda, Anda hanya memiliki 8 detik untuk dapat mengambil perhatian dari pengunjung Anda dan menghasilkan konversi seperti membeli produk Anda, menggunakan Jasa Anda, mengunduh file yang Anda sediakan, mendaftar webinar yang Anda adakan, membuat rencana untuk bertemu, dan sebagainya. Ini berarti desain dan penulisan isi dari landing pages Anda haruslah sesuai dengan ekspektasi dari pengunjung sasaran Anda.

Berikut adalah beberapa tips terbaik untuk meningkatkan konversi dari Facebook Ads milik Anda :

  1. Buat penelitian mengenai keuntungan antara panjang vs pendek dari penulisan konten landing page ( dan mohon diingat selalu target utamanya )
    Melihat dari apa target Anda atau apa definisi sebenarnya dari konversi yang Anda maksud pada Facebook Ads milik Anda, Anda pasti akan menggunakan salah satu dari penulisan landing pages secara singkat atau secara panjang. Penulisan secara singkat merupakan pilihan yang sangat tepat dan bagus ketika Anda memiliki target yang bersifat segera, seperti ketika Anda ingin mendapatkan alamat email maka Anda dapat menggunakan akses subscribers pada waktu tertentu, pada waktu penjualan dengan waktu terbatas, atau ketika Anda ingin melakukan proses pendaftaran pada webinar dimana yang Anda adakan segera.Landing pages dengan penulisan konten yang lebih panjang, dengan detail yang lebih lengkap sangatlah disarankan ketika Anda memiliki target yang bersifat untuk jangka lama. Katakanlah, target Anda adalah untuk memberikan kesadaran pada pengunjung Anda mengenai produk baru milik Anda atau untuk memberikan pengetahuan kepada pengunjung Anda mengenai sebuah  masalah yang ada dan bagaiman solusi penyelesaian yang Anda sediakan. Pada kasus seperti ini, penulisan konten landing pages yang panjang dapat membantu pembangunan kepercayaan dan kredibilitas  pengunjung dari Facebook Ads Anda terhadap merk produk yang Anda miliki. Satu peringatan kepada Anda : Jangan mengharapkan datangnya konversi yang Anda targetkan dengan segera. Ketika Anda menggunakan strategi ini, konversi yang Anda harapkan seringkali datang di saat akhir nanti. Dan pada saat ini, sebaiknya Anda mengamati parameter kesuksesan lainnya seperti waktu yang dihabiskan oleh pengunjung pada landing pages Anda. Jika pengunjung yang mengunjungi landing pages Anda dan tidak menghasilkan tolakan, maka hal ini merupakan pertanda bagus pada landing pages milik Anda.
  1. Gunakan elemen visual
    Terdapat beberapa alasan mengapa penggunaan elemen visual pada landing page Facebook Ads Anda merupakan sebuah ide yang bagus.Pertama, otak manusia dapat mengolah gambar dan artinya lebih cepat dibandingkan dengan saat mengolah kalimat. Hal ini dibuktikan dengan adanya fakta bahwa 50% otak manusia berperan dalam proses visual dan 65% masyarakat dunia adalah seorang yang belajar dengan metode visual.

    Kedua, elemen visual menuntun Anda untuk merancang landing page yang lebih efektif. Anda dapat melibatkan grafis dan gambar untuk membuat landing page milik Anda menjadi lebih mudah dicerna. Apa yang tidak Anda inginkan adalah pengunjung iklan Anda mendapatkan sebuah landing pages yang penuh dengan tulisan kalimat, sehingga mengakibatkan tolakan (bounce rates) yang tinggi dengan konversi yang rendah.

    Terakhir, visual dapat memberikan kekuatan secara emosional dan pesan kepada pengunjung landing page Anda tanpa memberikan penulisan konten yang lebih. Seperti contohnya, jika Anda memiliki tombol merah atau panah, hal ini mengartikan tanda yang kuat kepada pengunjung Anda bahwa tindakan harus segera dilaksanakan. Sedangkan, jika visual yang Anda berikan memiliki warna biru secara tidak langsung memberikan arti bahasa yang lebih tenang dan ramah.

  1. Gunakan prinsip “KISS”
    Anda pasti pernah mendengar kalimat ini, “Keep It Simple Stupid!”. Bagi yang belum pernah mendengarnya, kalimat ini memang terdengar agak kasar, namun sebenarnya kalimat ini memiliki arti yang cukup dalam. Kesalahan yang sering dilakukan oleh berbagai pelaku usaha adalah memperumit keadaan yang dimiliki oleh produk usaha mereka. Mereka memiliki pesan yang jelas dalam Facebook Ads mereka, namun kemudian mereka memperumitnya dalam landing page iklan mereka. Bagaimana ? Mereka menambahkan berbagai ikon social lainnya,  link atau tab yang tidak penting, menu drop-down, dan sebagainya. Masalahnya adalah, semua “fitur” yang ada pada landing page ini dapat memberikan akibat yang buruk pada konversi usaha Anda. Semua informasi atau link tambahan atau tombol tambahan yang tidak berhubungan dengan target utama usaha Anda haruslah dihapuskan dari landing page Anda. Terlalu banyak klik pada landing page Anda hanya akan mengalihkan fokus utama dari target yang telah Anda berikan pada landing page usaha Anda.
  1. Fokus pada keuntungan dari penulisan landing pages
    Mungkin Anda pernah mendengar perkataan ini : Keuntungan dapat dijual, fitur tidak dapat dijual. Sebagaimana makna dari perkataan ini memberikan maksud bahwa sebaiknya untuk meningkatkan konversi yang sesuai dengan target Anda, gunakanlah dan fokuskanlah keuntungan dari produk yang dimiliki oleh usaha Anda, daripada memfokuskan pada seperti apa usaha Anda.

Jadi poin utamanya adalah :

Untuk membuat dampak yang lebih besar dari penulisan landing pages Anda dan untuk meningkatkan tingkat konversi Anda, fokuslah pada penulisan dari solusi yang disediakan oleh produk atau pelayanan Anda – atau intensitas dari penawaran produk Anda. Jika Anda tetap berfokus pada pengunjung dan apa yang mereka inginkan atau butuhkan, Anda pasti akan mendapatkan kesuksesan yang lebih dari target utama Anda.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Bisnis Kuliner Online? Siapa Takut

Next post

TAHUKAH ANDA ? FAKTA BISNIS ONLINE

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.