Online Marketing

4 Taktik Kunci Pemasaran Viral yang Terbukti Berhasil

Share this good stuff:

Masalah yang mungkin sudah umum dialami oleh para pebisnis lokal adalah keterbatasan kemampuan produk atau jasa, serta budget dan waktu yang minim untuk melakukan kampanye promosi, Oleh karena itu, apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh para pebisnis dengan keterbatasan biaya dan waktu adalah sebuah strategi dan taktik pemasaran viral.

Pemasaran viral atau viral marketing adalah proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk membagikan informasi suatu produk atau jasa kepada masyarakat secara meluas. Ada berbagai macam bentuk pemasaran viral yang bisa digunakan, yaitu permainan, ebook, software, gambar, video, dan sebagainya.

Yang pasti, tidak ada batasan media yang digunakan untuk melakukan pemasaran viral selama pesan yang disampaikan memiliki potensi menarik minat khalayak luas untuk menyebarkannya.

Media yang sering digunakan untuk viral marketing
Media yang sering digunakan untuk viral marketing

Tetapi taktik pemasaran viral tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena jika tidak cermat dalam menentukan strategi pemasaran viral, justru akan memalukan dan menjatuhkan citra brand (brand image) dari produk atau jasa itu sendiri. Konsumen menjadi tidak tertarik atau bahkan tidak menyukai brand tersebut dan pada akhirnya berakibat buruk pada hasil penjualan produk.

Maka dari itu, simaklah 4 strategi pemasaran viral berikut ini agar bisnis Anda terhindar dari pemasaran viral yang memalukan dan malah mengarahkan bisnis para kerugian yang sangat besar:

1) Berpikir di luar pemasaran tradisional

Manfaatkan kemajuan teknologi saat ini untuk meramaikan pemasaran Anda. Di saat pemasaran tradisional menunjukkan penurunan, di sisi lain cara baru di dunia pemasaran mengalami peningkatan yang signifikan. Dan cara baru tersebut adalah dengan pemasaran digital. Teknologi digital telah mengubah cara pemasaran dari offline menjadi online, yang involuntary menjadi voluntary.

Konsumen akan secara sukarela mencari informasi tentang produk atau jasa yang dibutuhkan. Mereka memiliki kuasa atas proses informasi yang sesuai dengan ketertarikannya. Dengan kata lain, teknologi digital bersifat lebih interaktif karena konsumen memiliki keterlibatan tinggi terhadap produk atau jasa. Bentuk pemasaran digital bisa melalui blog, website, email, dan layanan internet lainnya.

2) Eksekusi iklan Anda di dunia nyata

Apakah Anda masih ingat dengan kampanye Mizone City Project yang digelar di beberapa kota di Indonesia? Kampanye tersebut bertujuan untuk menggerakkan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda untuk bersama-sama melakukan perubahan untuk menciptakan suasana kota yang lebih bersemangat.

Mizone menggunakan media sosial untuk mengajak masyarakat mencoba meningkatkan perasaan yang lebih bersemangat melalui kegiatan menari, menyanyi, dan berakting melalui street musical. Dan itu dilakukan di tempat-tempat umum sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk melihat dan bergabung dengan flash mob.

Flash mob yang dilakukan petugas airline di Cina
Flash mob yang dilakukan petugas airline di Cina

Dan kenapa Anda juga tidak mencoba taktik kampanye ini?  Tapi pastikan Anda tidak mengganggu aktivitas publik. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan kampanye iklan di tempat umum.

3) Lakukan sesuatu yang ekstrim dengan produk Anda

Menunjukkan keunggulan produk di media massa sudah umum dilakukan, tetapi Anda bisa mencoba sesuatu yang berbeda dan sedikit menantang. Biasanya, industri yang memproduksi peralatan olahraga dan barang-barang elektronik akan melakukan pengujian pada produk mereka sendiri untuk menunjukkan keunggulan nyata yang dimiliki produk dibandingkan produk milik kompetitor.

Misalnya, membuat iklan tentang pengujian pada laptop yang memiliki keunggulan proteksi LCD yang dapat menahan tekanan yang tinggi atau tes temperatur pada laptop yang memiliki kemampuan operasi pada beragam iklim dengan kelembapan tinggi dan rendah.

4) Beri reward pelanggan dengan produk Anda

Pemberian reward pada konsumen merupakah salah satu strategi pemasaran yang bertujuan untuk mempertahankan loyalitas mereka, mendapatkan perhatian dari konsumen baru, meningkatkan hasil penjualan, sebagai wujud terima kasih, dan sebagai sarana untuk mempromosikan brand bisnis Anda.

Beri konsumen Anda sebuah bonus dengan cara unik, seperti yang dilakukan Pepsi pada konsumennya. Pepsi menempatkan beberapa mesin video-games di beberapa supermarket. Pengunjung supermarket tersebut akan mendapatkan pepsi gratis apabila mereka bisa mencapai skor tertinggi.

Viral marketing memang tidak mudah. Namun jika sukses, hasilnya bisa sangat memuaskan.

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Fakta-fakta Seputar Harbolnas 2016

Next post

Cara Mengetahui Kapan Sebaiknya Menggunakan Trafik Media Sosial Berbayar

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.