EntrepreneurshipFinancialInspirasi

4 Kesalahan Pengelolaan Keuangan Yang Wajib Dihindari di Usia 20-an

Share this good stuff:

Di usia 20-an, sudah seharusnya seseorang bisa mengatur keuangan dengan baik. Biaya hidup di usia 20-an tentu semakin berat dan di rentang usia tersebut, seseorang pasti ingin hidup mandiri dengan penghasilan sendiri. Belum lagi perekonomian di jaman sekarang yang semakin mahal, tentu memerlukan perhatian khusus agar keuangan tidak habis begitu saja. Manajemen keuangan yang baik dan benar menjadi hal yang wajib dilakukan agar perekonomian di usia muda tetap stabil.

Namun, menginjak usia 20 tahun, kebutuhan seseorang sudah pasti melonjak tajam. Dengan meningkatnya kebutuhan dan tanggung jawab, sudah sepatutnya Anda semakin bijaksana dalam mengelola keuangan. Kesalahan mengelola keuangan di usia muda tentu akan berakibat fatal terhadap investasi jangka panjang. Dan berikut ini merupakan beberapa kesalahan pengelolaan keuangan yang harus dihindari di usia 20-an.

1. Tidak Memiliki Tabungan Darurat

Di usia 20-an, jangan sampai Anda tak memiliki tabungan untuk menunjang keadaan darurat yang sedang menimpa hidup Anda. Anda bisa menyisihkan sedikit penghasilan untuk dijadikan tabungan darurat. Dengan begitu, ketika sedang ada kondisi yang mendesak, Anda tidak perlu meminjam uang dari bank ataupun teman karena sudah menyiapkan tabungan darurat ini.

2. Tidak Membuat Perencaan Pengeluaran Keuangan dengan Baik

Kebutuhan di usia 20-an memang tak bisa dipungkiri banyaknya. Belum lagi harga kebutuhan sehari-hari yang semakin meningkat pesat setiap waktunya. Dengan kondisi yang seperti ini, jangan sampai Anda tidak memperhatikan berapa uang yang akan keluarkan setiap bulannya. Secara tidak sadar, Anda mengeluarkan uang dengan jumlah kecil namun dalam intensitas yang sering. Sama saja dong! Maka dari itu, buatlah sebuah rancangan keuangan yang akan Anda keluarkan setiap bulannya. Dengan cara ini Anda akan dapat meminimalisir sikap boros kecil-kecilan.

3. Tidak memikirkan soal berkeluarga

Menginjak kepala dua, seseorang sudah harus memikirkan membangun sebuah rumah tangga. Orang yang memikirkan bagaimana kondisi keluarganya besok, tentu sudah memikirkan pula untuk menabung sejak dini. Biaya untuk berumah tangga tentu berbeda dengan hidup sendiri. Anda wajib memiliki tabungan yang Anda sisihkan untuk keperluan pernikahan dan juga menghidupi keluarga Anda kelak. Apalagi untuk kaum pria, beban tanggung jawab anak istri jelas ada di pundak seorang suami. Eits, tapi untuk wanita, tak ada salahnya juga lho untuk mempersiapkan biaya berkeluarga sejak dini. Ketika keuangan keluarga sedang mendesak, dan suami butuh bantuan, seorang istri bisa ikut membantu dengan uang tabungan yang sudah dipersiapkan sejak bertahun-tahun lamanya.

4. Malas Berhemat

Orang usia 20-an memang haus untuk membelanjakan keuangannya. Bahkan barang-barang yang sebetulnya tidak diperlukanpun juga ikut menguras kantong keuangan. Padahal secara tidak sadar, kebiasaan inilah yang akan merugikan kehidupan di masa depan. Maka dari itu, Anda perlu mengontrol nafsu untuk tidak membelanjakan kebutuhan yang tidak diperlukan.

Itulah beberapa kesalahan pengelolaan keuangan yang wajib Anda hindari. Semakin banyak Anda melakukan kesalahan dalam pengelolaan keuangan di masa muda, semakin besar pula kerugian yang akan Anda tanggung di masa depan. Jadi? Yuk bijak mulai sekarang!

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

Ciri-Ciri Blog Yang Dicintai Banyak Orang, Blog Andakah Salah Satunya?

Next post

Pentingnya Riset Keyword Bagi Pebisnis Online

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.