Bisnis OnlineEntrepreneurshipInspirasiRiset

3 Tips Fokus Dalam Pengembangan Bisnis

Share this good stuff:

Di era modern seperti sekarang ini, menjadi seorang pengusaha bukanlah menjadi sebuah hal yang sulit untuk diwujudkan. Dan sudah bukan rahasia lagi bila sekarang ini bisnis online lebih banyak diminati dengan berbagai kelebihannya dibandingkan dengan bisnis offline. Namun dengan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam menjalankan bisnis online tidak lantas membenarkan langkah kita untuk memulai berbagai macam bisnis sekaligus. Mengapa ? Tentunya adalah karena kita harus mampu untuk tetap fokus terhadap bisnis yang kita kelola.

 

Berikut ini, penulis akan memberikan 3tips untuk fokus dalam bisnis:

  1. Riset Pasar

Kita perlu melakukan sebuah riset pasar untuk dapat mengetahui produk apa yang sedang dibutuhkan pasar dan bagaimana pesaing yang ada. Karena dari hasil riset pasar, Kita akan dapat mengetahui siapa yang membutuhkan produk/ jasa kita, dimana produk/ jasa tersebut dibutuhkan dan kapan produk/ jasa tersebut dibutuhkan serta bagaimana kualitas produk/ jasa yang dibutuhkan.

  1. Riset Kompetitor

Dalam sebuah bisnis pasti memiliki kompetitor yang yang memiliki bidang kerja sama dengan bisnis atau usaha yang kita kelola. Namun jangan pernah merasa pesimis karena dengan adanya kompetitor justru akan memacu semangat kita untuk lebih kreatif dan berinovasi. Untuk itu, dalam dunia bisnis riset competitor juga dibutuhkan dalam rangka mengembangkan bisnis.

  1. Mengelola Tahapan Bisnis satu per satu

Agar potensi bisnis dalam diri kita bisa memenuhi ekspektasi target pasar, maka hal pertama kali yang harus kita lakukan adalah segera memutuskan model bisnis apa yang akan kita jalankan terlebih dahulu kemudian secara sistematis melakukan tahapan berikutnya.

Banyak produk, maka dari itu fokuslah terhadap ceruk pasar. Apa itu ceruk pasar ? Ceruk pasar dapat diartikan sebagai sebagai celah pasar yang masih dapat direbut oleh produsen atau pedagang dari kompetitor yang memasarkan produk sejenis sehingga membuat jumlah konsumen semakin meningkat.

 

Facebook Comments
Share this good stuff:
Previous post

10 Online Marketing Trend di Tahun 2015

Next post

Digital Marketing vs Door To Door

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published.